Bayar Rp40 Ribu, Mancing Sepuasnya

SERGAI- Kolam pancing Danau Laut Dendang berlokasi di Dusun VIII, Desa Simpang Empat, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai menjadi lokasi favorit bagi warga sekitar desa, khususnya memancing ikan air tawar.

Lokasi ini juga bisa menjadi lokasi favorit bagi Anda yang memiliki hobi memancing. Dilihat dari geografisnya, lokasi danau seluas 5.3 Ha adalah dataran yang berbentuk lembah sehingga menjadi tempat berkumpulnya air tadah hujan disekitar kampung tersebut.  Sedangkan kedalaman air danau mencapai empat meter dan tidak pernah kering dengan bentuk yang landai sehingga memudahkan pemancing melemparkan jorannya untuk mengail ikan.

Menurut Ahmad Yunan (48) pengelola danau mengatakan, kolam pancing satu ini baru sepekan yang lalu dibuka bagi pemancing. Bagi yang ingin memancing di  kolam ini, dikenakan biaya Rp40 ribu. “Dengan biaya segitu, pemancing bebas memancing sepuasnya selama tiga bulan,” bilangnya.  Masih kata Ahmad, bibit ikan yang ditabur sekitar enam bulan lalu adalah ikan nila, ikan tawes, ikan mas, dan mujair sebanyak 20 ribu ekor. “Jika waktu tiga bulan akan datang selesai, pemancing tidak diperbolehkan lagi memancing. Lokasi danau menjadi lubuk larangan,” terang Ahmad.

Sementara itu, Ngadenan (45) pemancing yang berasal dari desa setempat mengatakan, ikan yang berada di danau cukup banyak dan besar, tetapi untuk meraihnya dibutuhkan kesabaran  serta rejeki ataupun nasib. “Ikan nilanya besar dan kelihatan di air danau yang jernih. Tetapi belum tentu umpan udang di kail dimakannya,” ujarnya.

Sebagian besar pemancing menggunakan joran jenis yang biasa untuk memancing. “Harga joran ini hanya Rp150 ribu. Bisalah untuk melepaskan hobi memancing,” kata Ngadenan. (mag-15)

Berita terkait:

FEATURE