Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan

Puskesmas Glugur Darat Raih Sertifikat ISO 9001:2008
Wali Kota Medan Rahudman Harahap memberikan penghargaan sertifikat ISO 9001:2008 dari Wallington School Inggris terhadap Puskesmas Glugur Darat. Penghargaan berstandar internasional ini merupakan penilaian mutu pelayanan. Penghargaan ini membuktikan puskesmas sebagai pusat kesehatan dapat memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, terutama masyarakat kurang mampu.
“Kesehatan merupakan salah satu faktor terpenting dalam pemenuhan tingkat kesejahteraan masyarakat. Selain itu, kesehatan merupakan prasyarat untuk meningkatkan mutu dan daya saing masyarakat yang menjadi investasi pembangunan nasional. Karenanya, pembangunan kesehatan harus menjadi perhatian serius bagi kita semua dalam peningkatan mutu pelayanan kesehatan,” ujar Rahudman Harahap di Aula Dinas Kesehatan Medan, Selasa (2/8).

Dikatakannya, apa yang diraih Dinas Kesehatan Medan, merupakan sebagai wujud dari kerja keras  yang dilakukan dalam upaya peningkatan mutu pelayanan. “Semoga keberhasilan ini menjadi motivasi sehingga jajaran kesehatan lainnya bisa mendapatkan penghargaan yang serupa,” harapnya.

Dengan begitu, lanjut Rahudman, kepada seluruh kepala puskesmas di Kota Medan harus menanamkan rasa cinta kepada pekerjaan sehingga semua tugas-tugas yang diberikan dilaksanakan dengan ikhlas.

Jajaran Dinas Kesehatan juga diharapkan bisa memberikan pelayanan terbaik sehingga seluruh masyarakat bisa terlayani dengan baik. Salah satu caranya dengan mempercepat revitalisasi Posyandu guna meningkatkan derajat kesehatan ibu dan anak.

“Saya berjanji untuk meningkatkan anggaran kesehatan pada 2012. Hal itu dilakukan dalam upaya mendukung peningkatan mutu pelayanan kesehatan. Tanpa dukungan dana yang mencukupi hal itu tak mungkin terealisasi.

Dengan begitu, saya menargetkan APBD Kota Medan Tahun 2012  bisa mencapai Rp3,7 triliun. Peningkatan itu dilakukan semata-mata untuk meningkatan mutu pelayanan. Selain mutu pelayanan kesehatan, juga peningkatan mutu pendidikan, infrastruktur dan kebersihan sehingga masyarakat bisa merasakan langsung hasilnya,” terangnya.

Kadis Kesehatan dr Edwin Effendi dalam laporannya mengatakan, pemberian penghargaan ISO 9001:2008 merupakan penilaian mutu pelayanan kesehatan. Tentunya penghargaan yang diterima ini semakin menguatkan motivasi di seluruh jajaran Dinas Kesehatan sehingga bisa meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.

“Berdasarkan pentunjuk dan arahan Wali Kota, kita akan terus meningkatkan kualitas mutu pelayanan kesehatan di seluruh jajaran Dinas Kesehatan mulai dari puskesmas untuk tingkat kota sampai rumah sakit. Ke depan, kita berharap bisa terus meningkatkan lagi sehingga penghargaan serupa bisa didapatkan unit pelayanan kesehatan lainnya,”  kata Edwin.

Untuk mendapatkan sertifikat ISO 9001:2008, lanjut Edwin, pihaknya telah memulainya di pertengahan 2010. Dari hasil penilaian yang dilakukan konsultan pemeliharaan peningkatan mutu pelayanan ISO 9001:2008, Puskesmas Glugur Darat telah memenuhi persyaratan dan layak mendapatkan pernghargaan berstandar internasional tersebut. (adl)

Berita terkait: