Espanyol Sebut Arthur Irawan Mutiara dari Indonesia

BARCELONA-Kabar mengejutkan datang klub anggota La Liga, Espanyol. Tim sekota Barcelona tersebut resmi mengikat striker Indonesia berusia 18 tahun Arthur Irawan.

Pemain kelahiran Surabaya 3 Maret 1993 ini memang relatif tidak terkenal di Indonesia. Namanya memang sempat muncul pada awal 2011 lalu. Terutama waktu pelatih tim nasional saat itu Alfred Riedl melakukan seleksi pemain timnas U-23 proyeksi SEA Games XXVI. Sayangnya Arthur yang ikut seleksi, tidak lolos untuk menembus tim inti.

Namanya langsung dicoret karena kalah bersaing dengan penyerang-penyerang muda lainnya. Waktu itu Riedl berasalasan bahwa usia Arthur masih sangat muda untuk tampil di ajang sekelas SEA Games.

Namun rupanya Espanyol mengendus bakat pemain asal Lytham Town FC (klub West Lancasshire Football League Division 2 Inggris Utara) tersebut.

Tidak membutuhkan waktu lama, klub yang bertengger di posisi tujuh klasmen sementara Liga Spanyol langsung menyodorkan kontrak. Tidak disebutkan berapa besar kontrak tersebut.

Tidak juga diketahui untuk berapa tahun Arthur bisa berada di klub itu.

“Arthur Irawan adalah pemain muda yang menjanjikan. Kami sukses menemukan mutiara muda dari Indonesia ini. Sebetulnya Manchester United juga tertarik dengan Arthur, namun keluarganya ingin dia melanjutkan studi,” kata rilis resmi Espanyol kemarin.

“Sekarang menjadi tugas dan tantangan staff kepelatihan tim untuk membuat dia berkembang. Agar Arthur secepatnya beradaptasi dengan gaya di level tertinggi sepak bola Eropa,” lanjut pengumuman tersebut.  Rencananya Arthur akan menghabiskan setahun waktunya di tim junior. Kalau menunjukkan progres bagus, Arthur akan bisa naik tingkat membela tim senior Espanyol.

Menurut keterangan Espanyol Arthur menghabiskan waktu kecilnya bermain sepak bola di Jakarta. Setelah gagal seleksi bersama tim nasional, Arthur kembali ke Inggris dan menjalani tes untuk klub League One Preston North End yang juga berbasis di Lancashire.  (nur/jpnn)

Berita terkait:

FEATURE