Espanyol Sebut Arthur Irawan Mutiara dari Indonesia

BARCELONA-Kabar mengejutkan datang klub anggota La Liga, Espanyol. Tim sekota Barcelona tersebut resmi mengikat striker Indonesia berusia 18 tahun Arthur Irawan.

Pemain kelahiran Surabaya 3 Maret 1993 ini memang relatif tidak terkenal di Indonesia. Namanya memang sempat muncul pada awal 2011 lalu. Terutama waktu pelatih tim nasional saat itu Alfred Riedl melakukan seleksi pemain timnas U-23 proyeksi SEA Games XXVI. Sayangnya Arthur yang ikut seleksi, tidak lolos untuk menembus tim inti.

Namanya langsung dicoret karena kalah bersaing dengan penyerang-penyerang muda lainnya. Waktu itu Riedl berasalasan bahwa usia Arthur masih sangat muda untuk tampil di ajang sekelas SEA Games.

Namun rupanya Espanyol mengendus bakat pemain asal Lytham Town FC (klub West Lancasshire Football League Division 2 Inggris Utara) tersebut.

Tidak membutuhkan waktu lama, klub yang bertengger di posisi tujuh klasmen sementara Liga Spanyol langsung menyodorkan kontrak. Tidak disebutkan berapa besar kontrak tersebut.

Tidak juga diketahui untuk berapa tahun Arthur bisa berada di klub itu.

“Arthur Irawan adalah pemain muda yang menjanjikan. Kami sukses menemukan mutiara muda dari Indonesia ini. Sebetulnya Manchester United juga tertarik dengan Arthur, namun keluarganya ingin dia melanjutkan studi,” kata rilis resmi Espanyol kemarin.

“Sekarang menjadi tugas dan tantangan staff kepelatihan tim untuk membuat dia berkembang. Agar Arthur secepatnya beradaptasi dengan gaya di level tertinggi sepak bola Eropa,” lanjut pengumuman tersebut.  Rencananya Arthur akan menghabiskan setahun waktunya di tim junior. Kalau menunjukkan progres bagus, Arthur akan bisa naik tingkat membela tim senior Espanyol.

Menurut keterangan Espanyol Arthur menghabiskan waktu kecilnya bermain sepak bola di Jakarta. Setelah gagal seleksi bersama tim nasional, Arthur kembali ke Inggris dan menjalani tes untuk klub League One Preston North End yang juga berbasis di Lancashire.  (nur/jpnn)

  • Arman Rise

    Untuk Arthur, manfa’atkan kesempatan sebaik2nya, buktikan bhw km bisa surfive di tengah competisi yg keras..Jgn cepat puas…..

  • Septian_alami

    btul,,hrpan indonesia ada d pundakmu .. jgn cepat puas

  • http://www.facebook.com/profile.php?id=100001861857059 TheMarez Ampon

    Good arthur haRum KAn nEgra mu…//!!

  • Da_jelland

    terus berjuang..terus berlatih…suatu kebanggaan untuk indonesia..

  • Dorapark

    semangat arthur tunjukkan pada indonesia bahwa kamu adalah bagian garuda indonesia

  • Roiskhusumantoro

    Selamat Buat Arthur Irawan, sudah ada Syamsir Alam, Zaenul Haq, dll___YAKIN INDONESIA BISA__
    Benar Saudaraku…JANGAN CEPAT PUAS…
    Makin Tingkatkan =Skill,Power,Composure&Positioning

    Selamat,Selamat,Selamat

  • Reinaldomaramis08

    kalo perlu gak usah balik ke timnas
    biar tau rasa tu PSSI pemain berbakat gini gak masuk timnas u-23?
    mau masuk timnas aja kayak mau masuk PNS pake politik orang dalem
    …..speechless gua..lanjutkan langkahmu arthur..

  • ardi

    asah terus kemampuan mu thur. . .tapi inget balik… ;-)

  • Ai_indies_25

    ayo maju terus arthur, tsubasanya indonesia. sama-sama masuk klub catalunia, walaupun bukan barca. tapi semangat tingkatkan skill biar bisa masuk barca setelah 4 tahun

  • beriman

    indonesia mendukungmu teman,tapi ingatlah negaramu,dan kamu adalah awal harapan dan revolusi sepak bola di indonesia

  • maybrat record kareth

    Pembelian arthur irawan menurut saya tidak lebih dari persoalan bisnis saja, kita lihat sepakbola sekarang ini klup – klup eropa ingin menguasai pasar Asia (khususnya indonesia) dengan cara membeli pemainnya. Usul saya pemain – pemain indonesia janganlah terlalu bermimpi untuk bermain di Eropa. Apa ngak malu ya kalo yang di hargai hanya unsur bisnisnya aja bukan skillnya. latihan yang banyak bukan mimpinya yang banyak

    • Rajumalang

      ah cuma bisa komen parah loe kagak bisa main bola cuma main mulut,loe jadi komentator aja pasnya

    • Johncaponex

      jangan buruk aja pikirannya, klo mang kyk gitu…skalian aja beli pemain indonesia yg jelas2 diketahui publik indonesia…dia bisa nyampe di espanyol karena kerja keras…bkn publisitas…hargai dikit…

      • Kang Dedi

        setuju bro!!! kalo tujuannya bisnis semata, kenapa gak beli Wanggai, Tibo, Atau Okto yang jelas2 udah terkenal di indonesia. Pasti memang Karena pencari bakatnya jeli melihat potensi Arthur. Sukses buat Arthur!!!! Buka mata dunia supaya liat potensi pemain sepak bola Indonesia!!!

    • Raka_rdn

      ngemeng aja loe kaga becos tai loe

    • Mendem_jos22

      sepak bola itu emang bisniis bos….

      biarlah semua indonesian young talent player bermain di luaar sana…….
      darii pada mereka bermaiin atau berlatiih di indonesia….
      ntar yg ada malah gak berkembang

      cz sepakbola indonesiia sekarang udaaaaaah
      HANCUUURRR
      dan bole di bilang sepak jotos

  • maju terus PSSI

    asal ngomong ga’ tau prosedur huahahahahaha…….. sekilas info yaaaa tuk seleksi pemain timnas U-21 hingga senior itu di tentukan oleh pelatih kepala di bantu oleh BTN,,, PSSI hanya menaungi bukan asal main caplok begitu…. emangx ini urusan nenek moyang jaman tempo doeloe hahahahahahaha,,,, dasarrrrrrrr

    • Mj2001

      yang nolak aja sekarang di tolak ama pssi dan pergi melatih negeri orang, dasar aja korup semua

  • Hchar_blitz

    sepertinya masa jaya indonesia akan segera datang..
    indonesia akan kembali jadi macan asia,arena sea games akan jadi awal kebangkitan sepakbola indonesia,
    berawal dari perekrutan Syamsir Alam, Zaenul Haq oleh klub PENAROL,trus anak2 muda di SAD yg di bawa klub FC.VISE belgia,skrg giliran arthur bermain untuk klub ESPANYOL.
    enak juga nantinya akan lihat timnas indonesia diperkuat pemain2 yg bermain di klub2 eropa dan latin..
    jaya timnas Indonesia

  • Irwan Yunardi

    Buktikan Indonesia bukan pecundang dan negara KORUP,,ayo Arhur Buktikan bakat mu…

  • AbahnyaRiri

    Tolong PSSI jgn panggil dulu Arthur, biarkan dia berkembang aja disana….nanti 3-4 tahun lg baru dipanggil yah….

  • Ezurivan

    oke arthur… gue dukung lo…. bila perlu tunjukkan pada dunia anak Indonesia Pasti bisa…

  • Bynx_c100

    kalau begitu tidak perlu naturalisasi lagi.

  • Ridhoarmiyan

    jgn terlalu terbuai dgn berita seperti ini, bukan bermaksud pesimis.kalo menurut saya arthur irawan ini masuk tim junior espanyol cuma sekedar perjanjian bisnis.espanyol lagi krisis keuangan,trus ada pengusaha indo yg mau beli saham klub dgn syarat ada slh satu pemain indo di rekrut, toh kualitas arthur gk bagus2 amat

    • Viorano

      yang penting arthur lebih mlhat peluangnya, apapun yg terjadi dia hrs bisa buktikan dan tunjukan arthur bisa.

  • Mukrimhidayat

    selamat arthur,,,,,,bgi kmi kau adalah bintamg muda yg mmbuat km bngga….buatlah spkbla ngra kt maju…..km di sini mnggu aksi mu,,,,,,good luck……….

  • Haryadifile

    ga usah lihat indonesia tapi indonesia yang akan melihatmu….so keep fighting…

  • Mj2001

    berjuang terus di tanah orang, jangan kebanyakan makan nasi bro arthur, dan tetep garuda di dadaku…

  • aulia afrizal

    PSSI anjing dan gg ada otak..!!
    pecat aja johar arifin..(si idiot)

Berita terkait:

FEATURE