Gatot Kagumi Peran Warga Pujakesuma

AEKKANOPAN- Plt Gubsu Gatot Pujo Nugroho mengungkapkan kekaguman terhadap peran warga Pujakesuma di delapan wilayah kabupaten sekaligus. Ekspresi itu terucap manakala melihat warga Pujakesuma di sana konsisten menunjung tiga prinsip, yaitu Rumongso Handarbani yaitu merasa memiliki daerah dimana ia bertempat tinggal, Melu Hangrung Kebi yaitu ikut melindungi dan membela daerahnya, serta Mulat Sariro Hangrosowani yaitu mawas diri.

Hal tersebut ditegaskan Gatot didampingi Bupati Labuhanbatu Utara Khairuddin Syah dan Wakil Bupati Syahmenan pada acara sarasehan bertajuk ‘’Menggali Potensi Membangun Daerah Dengan Para Warga Pujakesuma se-Kabupaten Labuhanbatu Utara, Labuhan Batu, Labuhan Batu Selatan, Padang Lawas Utara, Batu Bara, Asahan, Simalungun dan Kota Tanjung Balai’’ di aula SMA Negeri 1 Kualuh Hulu Aekkanopan, Senin (30/4) malam lalu.

Menurut Gatot, kalau saja warga Pujakesuma dimanapun memiliki tiga prinsip diyakini kondisi hari ini akan lebih baik dari hari kemarin dan hari esok akan lebih baik dari hari ini. ‘’Ini  karena warga Pujakesuma sudah turut membangun daerah, membantu pemerintah, dan meningkatkan kesejahteraan keluarganya yang artinya ikut membangun sumber daya manusia Sumut,’’ katanya.

Plt Gubsu mengingatkan warga Pujakesuma meningkatkan kualitas pendidikan, seni,  budaya dan pembangunan ekonomi, bekerja sama dengan pemerintah daerah, dunia usaha, industri, serta masyarakat luas.

‘’Di depan mampu menjadi panutan, di tengah menjadi teladan, dan di belakang menjadi pendorong pembangunan daerah,’’ tukas Gatot berfilosofis. Sementara itu,  di depan peserta sarasehan, Kharuddin Syah mengingatkan kehadiran Plt Gubsu ke Labura menjadi penyemangat bagi aparatur dan warga di tempat tersebut. Menurut Bupati, pihaknya amat gembira pembentukan komunitas masyarakat Pujakesuma di wilayah Labuhanbatu Utara karena diharapkan kehadiran mereka dapat menyuppor berbagai program pemerintah daerah, khususnya di sektor pengairan dan prasarana jalan.

Ketua Panitia Sarasehan Dwi Prantara mengungkapkan sarasehan sudah dirancang jauh-jauh hari dengan menghadirkan Ketua umum DPP Pujakesuma Suratman, Ketua DPW Pujakesuma Sumut Kolonel (Inf) Ahwan, Majelis Pertimbangan AKBP H Rusbandi, Dewan Pakar Pujakesuma Prof Dr Sri Sulistiawati, sesepuh Pujakesuma Labuhan Batu Sudarwito, sejumlah utusan Pujakesuma Provinsi, Generasi Pujakesuma dari Asahan, Tanjung Balai, Batu Bara, Simalungun, Padang Lawas Utara, Labuhan Batu dan Labuhan Batu Selatan.

Dalam kesempatan itu, Ketua DPD Pujakesuma Labuhan Batu, Waluyo, mengharapkan kehadiran Plt Gubsu pada acara peninjauan pabrik pupuk non-organik dan pelatihan DPD Pujakesuma se-Labuhan Batu pada 29 Mei mendatang. Sementara itu, Ketua DPD Pujakesuma Asahan Endang juga meminta kesediaan Plt Gubsu pada saat peresmian pendopo Pujakesuma Asahan. (*/dmp)

Berita terkait:

FEATURE