MPLIK Diskominfo Provsu Melayani Hingga Desa Terpencil

Sepanjang Ramadan 1433 H
Bulan suci Ramadan membawa berkah bagi  desa terpencil  di Kabupaten Deliserdang, Kabupaten Karo, Kabupaten Batubara dan Kota Binjai. Betapa tidak, sepanjang  Ramadan desa-desa tersebut  dikunjungi Mobil Pusat Layanan Informasi Kecamatan (MPLIK).

MPLIK : Kadis Kominfo Provsu Dr. Asren Nasution, MA  bersama perangkat  Desa Bintang Meriah Kec. Pancur Batu foto  depan Mobil Pusat Layanan Informasi Kecamatan (MPLIK).

MPLIK : Kadis Kominfo Provsu Dr. Asren Nasution, MA di bersama perangkat Desa Bintang Meriah Kec. Pancur Batu foto di depan Mobil Pusat Layanan Informasi Kecamatan (MPLIK).


Masyarakat di desapun  mulai melek Teknologi Informasi. Di Desa Bintang Meriah, Kecamatan Pancurbatu, Deliserdang, MPLIK Diskominfo Pemprovsu terlihat berdiri gagah di depan Masjid Dakwatul Islamiyah yang sedang renovasi, dengan dikunjungi puluhan pelajar, remaja, dan bahkan para orangtua.

Para warga di desa itu cukup antusias memanfaatkan layanan internet guna mendapatkan berbagai informasi baik menyangkut ilmu pengetahuan maupun informasi lainnya. Kepala Diskominfo Pemprovsu Dr H Asren Nasution MA ketika melakukan pemantauan di Desa Bintang Meriah juga melihat  anak-anak seusia sekolah SD tengah asyik menggunakan MPLIK.

Kepala Desa Bintang Meriah, O Sembiring  mengucapkan banyak  terimakasih atas kehadiran MPLIK, karena cukup membantu warga desa melek IT. Selama ini, ujarnya, anak-anak desa belum mengenal komputer di sekolah mereka, dan setelah  kehadiran MPLIK, mereka bisa mengenal komputer lebih dekat.

Kehadiran MPLIK di desa itu tak terlepas peran Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIS) Medan yang  sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata. STAIS meminta empat unit  MPLIK guna melayani 21 desa di Kabupaten Deliserdang, Kota Binjai,  selama mereka melaksanakan KKN.

Hotamatua, MAg, Dosen STAIS mengakui kehadiran MPLIK cukup mendapat sambutan hangat masyarakat desa. Para warga desa, katanya, cukup antusias memanfaatkan MPLIK milik Diskominfo Provsu. “Kami juga telah membuat profil desa Bintang Meriah, sehingga bila diklik akan muncul profil tentang desa Bintang Meriah,” ucap Hotmatua, seraya mendapat apresiasi dari Kadiskominfo.

Dia juga menjelaskan, sebanyak 21 desa yang akan dijelajahi MPLIK Diskominfo Provsu. Masing-masing  di Kecamatan Pancurbatu,  Delitua dan  Kecamatan Namorambe.  Dalam waktu bersamaan, 160-an mahasiswa Universitas Al Washliyah juga menggunakan mobil MPLIK Diskominfo Provsu untuk menjelajahi 16 desa di Kabupaten Karo.

Sementara itu,  Dr H Asren Nasution MA  juga mengajak Dinas Pendidikan, Dinas Tenaga Kerja, Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa, dan dinas lain yang berhubungan langsung dengan masyarakat  serta perguruan tinggi (PT) mengakses Pusat Layanan Informasi Kecamatan (PLIK) sebagai pusat sarana dan prasarana penyediaan jasa akses internet.

Hal itu dikemukankannya pada   Kordinasi dan  Diskusi Terarah   Optimalisasi Layanan Jasa Akses Telekomunikasi dan Informatika KPU/USO Lintas Perguruan Tinggi Wilayah Sumatera,  baru –baru ini.

Kegiatan diikuti puluhan peserta menampilkan sejumlah pembicara diantaranya dari Biro Perencanaan Kominfo  dipandu, Kabid Postel, Gelora Viva Sinulingga SE, MM.

Menurut Asren, kegiatan ini sebagai upaya optimalisasi pelaksanaan program Universal Service Obligation (USO) di wilayah Sumatera Utara, terutama membuka akses jaringan informasi di daerah yang blankspot atau belum tersedia jaringan telekomunikasi. Caranya dengan memanfaatkan PLIK yang sudah tersebar di kabupaten/kota se Sumut. (*)

Berita terkait: