Timnas U-23 Fokus Pertahanan

Korut Bawa Kekuatan Penuh
JAKARTA- Timnas U-23 tak mau hanya menjadi penggembira dalam ajang SCTV Cup pada 9-10 September mendatang. Mereka terus bersiap agar mampu mengimbangi kekuatan timnas Malaysia U-23 yang akan menjadi lawan tim Garuda Muda.

Fokus pelatih timnas U-23 Aji Santooso dalam pemusatan latihan yang dimulai pada Senin (27/8) lalu adalah untuk membenahi cara bertahan Andik Vermansyah dkk. Mereka dinilai masih belum bisa bertahan sesuai sistem permainan yang diterapkan oleh Aji Santoso.

“Saya coba terapkan sistem Flat back four. saya ingin anak-anak matang menerapkan sistem pertahanan ini,” ucapnya saat ditemui usai memimpin latihan di lapangan timnas, Senayan, Jakarta, kemarin (30/8).

Menurut dia, mematangkan pertahanan menjadi sangat penting karena pemainnya saat ini kebanyakan baru berkumpul. Alhasil, kekompakan antar pemain pun masih belum semaksimal yang diinginkan.

“Saya ingin ke depan mereka semakin baik bertahan secara unit individu maupun secara tim,” tegas mantan pelatih Persebaya Surabaya tersebut.

Selama seminggu ke depan, Aji ingin pertahanan timnya bisa semakin baik. Sebab, tim Malaysia dinilai memliki persiapan yang lebih matang. Selain mengkikuti kompetisi di Singapura, mereka juga melakoni pemusatan latihan di Slovakia.

“Cara bermain anak-anak harus bagus. Untuk penyerangan nanti akan dimatangkan setelah cara bertahan mereka sesuai yang saya harapkan,” tuturnya.

Dalam latihan kemarin, Andik yang dikabarkan sudah akan bergabung dan mengikuti latihan ternyata belum tampak. Menurut Aji, pemain andalannya itu sedang refreshing ke Singapura dan akan kembali berlatih pada hari ini.

“Dia sudah izin. Dia beli tiketnya sudah lama, Karena tidak lam saya izinkan,” terangnya.

Namun, asisten pelatih Liestiadi sempat nyeletuk jika Andik di Singapura sedang melakoni trial (tes) bersama klub Major League Soccer  (MLS).

“Andik trial di Singapura. Dia mau ikut tes klub dari Amerika disana,” katanya. “tanya ke Aji saja, dia lebih tahu,” elaknya saat didesak lebih jauh tentang kebenaran pernyataannya.

Saat dikonfirmasi, Aji membantah dan menganggap Liestiadi tak tahu apa-apa. Dia menjamin bahwa pada hari ini pemain Persebaya Surabaya tersebut sudah akan melakoni latihan bersama 20 pemain timnas U-23 lainnya.

Sementara itu, tim undangan lainnya dalam ajang SCTV Cup, Korea Utara (Korut), menyatakan akan membawa kekuatan yang dipersiapkan untuk tim masa depan mereka. Diantara 23 pemain yang dibawa, empat diantaranya adalah pemain yang sempat tampil di ajang Piala Dunia 2010 lalu. Mereka adalah Ri Myong Guk, Pak Nam Chol, Ri Myong Chol dan Ri Kwang Hyok.(aam/jpnn)

Berita terkait:

FEATURE