Wapres Budiono Apresiasi Stan Pemkab Serdang Bedagai

Karya Pemberdayaan Masyarakat Expo and Award 2012 di Jakarta
SEI RAMPAH-  Wakil Presiden RI Prof DR H Boediono meninjaui stan Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) usai membuka secara resmi perhelatan Gelar Karya Pemberdayaan Masyarakat (GKPM) Expo dan Award 2012 yang diprakarsai oleh Kementerian Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat (Kemenko Kesra), di Jakarta Convention Center (JCC)  Minggu lalu.

TINJAU: Bupati Sergai Ir HT Erry Nuradi MSi menerima kunjungan Wapres RI Prof DR H Boediono saat meninjau stan Pemkab Sergai. //istimewa

TINJAU: Bupati Sergai Ir HT Erry Nuradi MSi menerima kunjungan Wapres RI Prof DR H Boediono saat meninjau stan Pemkab Sergai.
//istimewa


Kunjungan Wapres Boediono di stan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) milik Pemkab Sergai ini langsung disambut Bupati Ir HT Erry Nuradi MSi didampingi Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Sergai H Ifdal SSos MAP.

Hal ini disampaikan Bupati Ir HT Erry Nuradi MSi melalui Kabag Humas Drs H Mariyono SP kepada wartawan di ruang kerjanya di Kantor Bupati Sei Rampah, Rabu (3/10).

Sebelumnya saat membuka acara GMKM  yang mengambil tema “membangun kemitraan usaha dan kreativitas masyarakat”, Wapres Boediono mengemukakan bahwa acara ini berkaitan dengan Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM) Mandiri, peran serta masyarakat dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) dan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).

Kemudian pelaksanaan percepatan pencapaian Millenium Development Goals (MDGs) Indonesia MDGs 2015 dengan format “Series Gelar Karya Pemberdayaan Masyarakat Expo & Awards 2012” sebagai langkah koordinasi serta akses data ditingkat Nasional dan Daerah, untuk memberikan penguatan dalam implementasi kemajuan program dan target yang terukur hingga 2015.

Hal ini merupakan penyajian aktual kreatifitas program pembangunan sebagai sarana perluasan informasi untuk pelaksanaan Program Nasional
Lebih lanjut dikatakan Boediono melalui pameran kali ini diharapkan mampu memberikan nilai tambah bagi para UKM dengan membuka jaringan kemitraan agar ke depan lebih dikenal produk serta eksistensinya.

Targetnya adalah untuk mencapai target MDG’s, yakni semakin berkurangnya angka kemiskinan Dalam perbincangan hangat di sela-sela kunjungan Wapres Boediono tersebut, Bupati Erry Nuradi menyampaikan harapan agar program PNPM-MPd yang telah menyentuh masyarakat dalam pembangunan perekonomian ini dapat terus berkelanjutan khususnya di daerah Kabupaten Sergai.

Kegiatan GMKM yang ditujukan untuk lebih mensosialisasikan program-program PNMP Mandiri dan CSR ini meliputi serangkaian kegiatan antara lain seminar best practice on CSR, Seminar best practice in community empowerment, workshop sosialisasi Kredit Usaha Rakyat, GKPM Award, dan pertunjukan seni budaya.

Pada expo yang berlangsung sejak tanggal 27-30 September lalu di panggung utama-Hall B JCC Jakarta ini, Pemkab Sergai memamerkan berbagai produk hasil kerajinan dari kelompok simpan pinjam perempuan desa se-Kabupaten Sergai yang berada dibawah naungan program PNPM-MPd antara lain mukena bordir, tas, sapu hias, asbak rokok, tikar pandan, tempat tisue, dan produk makanan ringan tradisional seperti dodol dan rempeyek.

Diharapkan melalui pameran ini dapat meningkatkan jejaring bagi para pelaku UMKM di Sergai agar produk-produknya dapat dikenal secara lebih luas dan dapat dipasarkan secara nasional bahkan tidak menutup kemungkinan untuk dipasarkan secara global.

Untuk itu, para pelaku UMKM diminta untuk mengembangkan kualitas produknya dengan terus melakukan kreasi dan inovasi. (dra)

Berita terkait:

FEATURE

DBL Indonesia North Sumatera Series
PLN Bottom Bar