TNI Pamer Alat dan Seragam Baru

JAKARTA-Besok, Jumat (5 Oktober) TNI berulangtahun ke-67. Kemarin, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono memimpin gladi resik di Lanud Halim Perdanakusumah Jakarta. Rencananya, TNI akan memamerkan sejumlah alat utama sistem senjata (alutsista) baru miliknya “Untuk Sukhoi dan F-16 tidak ditampilkan dulu karena sudah di HUT RI dan HUT TNI AU,” katanya usai acara gladi. TNI hanya akan menampilkan alutsista yang relatif masih baru yakni pembelian 2010 ke atas.

SERAGAM BARU: Ratusan prajurit TNI-AD Yonif Linud-328 mengenakan seragam baru Kostrad  acara gladi bersih upacara peringatan -67 Hari Jadi TNI tahun 2012  Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (3/10).//MUHAMAD ALI/JAWAPOS

SERAGAM BARU: Ratusan prajurit TNI-AD Yonif Linud-328 mengenakan seragam baru Kostrad pada acara gladi bersih upacara peringatan ke-67 Hari Jadi TNI tahun 2012 di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (3/10).//MUHAMAD ALI/JAWAPOS


Beberapa alutsista baru tersebut yakni pesawat tempur taktis Super Tucano, dan pesawat angkut sedang C-295. Hari ini, pesawat C-295 akan diberikan secara resmi dalam sebuah upacara di Halim oleh PTDI kepada TNI Angkatan Udara.

Angkatan Darat juga memamerkan alutsista barunya seperti meriam Caesar 155 mm dari Perancis. Sementara untuk Tank Leopard belum bisa ditampilkan karena baru tiba November nanti.

Dalam gladi resik juga ditampilkan defile pasukan, atraksi pesawat KT1-Wong Bee dalam Jupiter Aerobatic Team dan Helikopter Collibri dalam Pegassus Team. Selain itu juga terdapat terjun free fall oleh sekitar 100 penerjun dari TNI dan Polri, serta terjun statis oleh sekitar 650 prajurit Linud Kostrad.

Putra presiden Mayor Agus Harimurti juga menggunakan seragam BDU (Battle Dress Uniform) yang menjadi seragam anyar Kostrad. Saat ini Agus bertugas di Brigif 17 Linud Kostrad.

Seragam baru ini menggunakan sistem digital imaging atau pixel sehingga corak dorengnya lebih halus. Dari seluruh satuan TNI, baru Kostrad yang akan menggunakannya secara resmi. (rdl/jpnn)

Berita terkait: