PKB Dukung Gus Irawan

MEDAN- Balon gubsu Gus Irawan dikabarkan mulai mendapat dukungan dari Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sumatera Utara (Sumut). Sinyalemen dukungan terhadap mantan Dirut PT Bank Sumut ini datang dari Ketua DPW PKB Sumut, Ance Selian, kepada wartawan, di Medan, Rabu (24/10).

Dikatakan Ance, dukungan ini juga mendapat persetujuan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP). Jika dukungan itu fixed, PKB akan berkoalisi dengan sejumlah parpol non kursi di DPRD Sumut.

“Sudah ada kepastian dari DPP. Kewenangan memutuskan itu, domain Jakarta (DPP). Tentunya awal yang baik mengingat DPP juga punya pertimbangan yang sama dengan pengurus wilayah,” kata Ance.

Dukungan kepada Gus Irawan, lanjutnya, becermin atas berbagai perhitungan sementara yang menyebutkan elektabilitasnya yang baik hingga kini. Selain itu Gus Irawan dapat diterima seluruh kalangan masyarakat Sumut dari beragam  agama dan etnis.

“Dukungan serupa juga dipastikan oleh sejumlah partai. Partai itu sebagian besar tergabung dalam Forklip (Forum Komunikasi Lintas Partai, Red). Total perolehan suara partai-partai ini sudah di atas ketentuan minimal mendukung pasangan calon yakni 15 persen,” ungkapnya.

Dilanjutkan Ance, setelah ada kepastian pihaknya terus melakukan konsolidasi dan menguatkan barisan untuk memenangkan calon yang diusung. Tujuannya, kata dia, adalah menyeleksi pemimpin yang terbaik bagi masyarakat Sumut.

“Kami akan bekerja maksimal memenangkan calon yang diusung dengan melakukan konsolidasi internal maupun eksternal dengan parpol lain,” tambahnya.

Terpisah, Juru Bicara Forklip, Ketua PKPB Sumut, Nasib membenarkan, mayoritas partai yang tergabung dalam Forklip sudah hampir memastikan dukungan bagi calon yang sama. Hanya saja dia enggan menyebutkan nama calon yang akan diusung.

“Arahnya memang ke satu nama, tapi nanti kami publikasikan setelah fix. Jumlah suara sudah lebih dari cukup, karena ada delapan parpol yang tergabung di Forklip,” kata Nasib. Dia mengatakan komunikasi dengan parpol lain tetap terbuka sejauh calon yang diusung adalah figur potensial memenangkan Pilgubsu.

Sementara itu, mencuatnya nama Wakil Bupati Serdangbedagai Sukirman mulai mencuri perhatian sebagian kalangan. Belakangan muncul wacana agar Sukirman dipasangkan dengan Gus Irawan. Mantan Dirut PT Bank Sumut itu hingga kini dinilai masih gamang mencari figur yang cocok mendampinginya.

‘’Kami menilai figur yang pas mendampingi Gus Irawan adalah pak Sukirman. Keduanya menjadi pasangan pelangi, perpaduan etnis Batak dan Jawa,’’ ungkap Ketua LSM PERAK, Torang Siregar, Rabu (24/10).

Alasan pemilihan itu, antara lain,  Sukirman merupakan figur organisatoris yang aktif di Pujakesuma, HKTI, SOKSI, STM Alumni USU, Pengajian Kampus, FKUB (Forum Komunikasi Umat Beragama), Badan Narkotika Kabupaten, dan lainnya. (ari/omi/mea)

Berita terkait:

FEATURE

DBL Indonesia North Sumatera Series
PLN Bottom Bar