Inkanas Labuhanbatu Rambah Sekolah Dasar

LABUHANBATU- Institut Karate-Do Nasioanal (Inkanas) salahsatu lembaga olahraga bela diri di Labuhanbatu kini mulai merambah ke pelajar tingkat sekolah dasar. Dari penambahan klub tersebut, kini sekitar 500-an anggota sudah tergabung di Inkanas.

“Kita sudah menambah klub di tingkat sekolah dasar untuk dididik dan dibina agar menjadi karateka handal serta mencetak karateka sejak usia dini. Sehingga olahraga bela diri menjadi andalah Kabupaten Labuhanbatu,” kata Mangaratua Ritonga, Ketua Majelis Sabuk Hitam kepada wartawan, kemarin di Rantauprapat.

Diterangkannya, penambahan itu hasil kerja sama Inkanas dengan sejumlah Kepala Sekolah Dasar. “Klub yang baru terbentuk berlatih pada hari libur dihalaman SD lingkungan Makodim 0209/LB. Kepala sekolah mendukung positif, asal kegiatan tidak mengganggu pelajaran disekolah,” terang Mangaratua Ritonga.

Sejumlah Kepala SD diantaranya, Sri Yusmawati SD Negeri 112135-Kodim, Paridatur Hikma SD Negeri 112139 Lingkungan Kodim, Posma SD Negeri 118243 Pondok Ladang, Hj Nuribah SD Negeri 112145 Janji, Faridah Hanum SD Negeri 114381 Janji dan Nurjanah SD Negeri 115528-Kompi mengaku menyambut baik.

Disarankan para kepala sekolah, jika disaat berlatih harus dibarengi dengan kehati-hatian yang tinggi, terlebih kepada peserta wanita. “Jangan akibat latihan terlalu keras berdampak tidak baik. Usahakan latihan sesuai prosedur agar tidak menjadi bala bagi kita sebagai kaum hawa,” pesan mereka. (mag-16)
Selain itu, olahraga bela diri tersebut jangan disalahgunakan dan menimbulkan ajang kesombongan. Namun sebaliknya digunakan untuk kemaslahatan, khususnya kaum hawa, terutama untuk melindungi diri sendiri. (mag-16)

Berita terkait:

FEATURE

DBL Indonesia North Sumatera Series
PLN Bottom Bar