Pesta Danau Toba 2012, 8 Pemkab Parade

SIMALUNGUN- Sedikitnya delapan pemerintah kabupaten (Pemkab) akan ikut berpartisipasi menyukseskan Pesta Danau Toba (PDT) 2012 yang akan dipusatkan di Parapat pada 29-31 Desember. Salah satunya adalah menyiapkan menyiapkan parade budaya. “Seluruh sarana dan prasarana pendukung kegiatan Pesta Danau Toba tahun ini sudah disiapkan,” kata Ketua Panitia Pesta Danau Toba 2012, Jan Waner Saragih, di kota turis Parapat, Sabtu (22/12).

Ia menjelaskan, Pesta Danau Toba 2012 akan disemarakkan berbagai kegiatan, antara lain parade budaya, arak-arakan dan penyalaan api obor Pesta Danau Toba, festival alat musik khas budaya Sumut, pameran dan lomba olah raga. Kegiatan lain yang tidak kalah menariknya, yaitu pemajangan pohon natal raksasa setinggi 30 meter lebih di perairan Danau Toba.

Untuk menyukseskan pelaksanaan Pesta Danau Toba tahun ini, Pemkab Simalungun bekerja sama dengan seluruh Pemkab di sekitar kawasan Danau Toba. Daerah yang akan ikut menyemarakkan Pesta Danau Toba 2012 antara lain Kabupaten Samosir, Tapanuli Utara, Toba Samosir, Humbang Hasundutan, Dairi, Tanah Karo, dan Padang Lawas.

Dalam upaya menjadikan agar Pesta Danau Toba benar-benar sebagai agenda parawisata nasional, Pemkab Simalungun telah pula menjalin kerja sama dengan Kabupaten Badung, Bali. “Kami ingin menjadikan Pesta Danau Toba tahun ini lebih semarak dan lebih banyak menjaring wisatawan, baik lokal maupun regional dan manca negara,” ucap Jan.

Terkait upaya tersebut, pihaknya selama beberapa bulan terakhir telah melakukan promosi ke sejumlah provinsi di Indonesia dan negara-negara ASEAN. Pesta Danau Toba 2012 dijadwalkan dibuka Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu serta turut dihadiri beberapa menteri Kabinet Indonesia Bersatu II dan sejumlah pelaku pariwisata dari dalam negeri dan luar negeri.

Pesta Danau Toba merupakan kegiatan wisata budaya tahunan yang berbasis masyarakat. Kegiatan ini bertujuan melestarikan nilai-nilai budaya lokal serta menggerakkan ekonomi dan menyejahterakan masyarakat melalui kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif. “Kegiatan Pesta Danau Toba tahun ini juga diharapkan dapat ikut menggairahkan kunjungan wisatawan Sumut,” tukas Jan. (net/bbs)

Berita terkait:

FEATURE

DBL Indonesia North Sumatera Series
PLN Bottom Bar