Target PAD Kota Medan Naik Jadi Rp1,2 Triliun

MEDAN – Target untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Medan Tahun Anggaran 2013, naik menjadi Rp1,2 triliun dari Rp1,1 triliun pada tahun 2012. Begitu juga dengan sumber-sumber yang menjadi target PAD, juga akan bertambah. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pendapatan (Kadispenda) Kota Medan, M Husni SE saat ditemui Sumut Pos di sela-sela acara syukuran yang digelar di kantor Dispenda Medan di Jalan AH Nasution Kecamatan Medan Johor, Senin (4/2).

“ Kita akan berusaha dan mengoptimalkan fasilitas yang ada, terlebih saat ini kita juga didukung dengan sitem IT. Nantinya, kita akan mendata seluruh izin dan pajak hotel, restaurant dan bangunan serta akan kita kawal untuk dapat memenuhi target tersebut karena pada tahun lalu saja, target sudah terpenuhi hingga 82 persen, “ ungkap M Husni.

Sementara itu, Walikota Medan, Rahudman Harahap yang juga hadir dalam acara syukuran itu mengatakan kalau angka tersebut sudah cukup rendah bila dibandingkan dengan jumlah masyarakat Kota Medan yang saat ini sudah mencapai 3 juta jiwa. Selain itu, Rahudman menyebut kalau pertumbuhan ekonomi, khususnya pada bidang usaha properti serta hotel dan restaurant, cukup pesat. Oleh karena itu, Rahudman menghimbau agar Kadispenda Kota Medan yang baru dilantik pada 23 Januari 2013 lalu itu dapat membuat program dan terobosan lebih baik.

“ Saya kira dengan jumlah Rp1,7 triliun sampai Rp1,8 triliun, layak menjadi target PAD kota Medan dengan melihat pesatnya pertumbuhan di Kota Medan. Kalau kendala yang terjadi seperti tahun-tahun lalu hingga tidak menemui target, itu masalah kerja keras saja. Sebagai tulang punggung penghasilan Pemerintah Daerah, maka akan kita adakan evaluasi setiap triwulannya, ungkap Rahudman Harahap.

Menyikapi pernyataan Walikota Medan tersebut, M Husni mengaku kalau yang disampaikan Wali Kota tersebut masuk akal. Oleh karena itu M Husni mengaku akan berusaha menjalankan amanah tersebut dengan baik. Oleh karenanya, M Husni berterimakasih dan meminta dukungan dari semua pihak khususnya 700 orang pegawai di Dispenda Medan, untuk dapat bekerja sama dalam memenuhi target PAD Kota Medan tersebut. (mag-10)

Berita terkait:

FEATURE