Hal yang Perlu Dipersiapkan sebelum Menikah

Pernikahan tanpa persiapan mental yang matang amat rawan terhadap perpisahan. Karenanya persiapkanlah segala sesuatunya mulai dari sekarang. Jangan sampai Anda menyesal nantinya dan memutuskan untuk bercerai.

elain mempersiapkan mental dan dekorasi pernikahan, para calon mempelai juga harus mempersiapkan hal lainnya. Apa itu? Berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum menikah:
1. Definisikan komitmen
Anda dan pasangan harus memahami arti komitmen menikah yang sesungguhnya. Perlu Anda tanamkan dalam hati bahwa pernikahan adalah ikatan yang akan menyatukan Anda dan pasangan untuk selamanya bukan sekedar 1 atau 2 tahun saja.

2. Tanggung jawab
Sebelum memutuskan untuk menikah, Anda dan pasangan harus mempersiapkan diri untuk saling bertanggung jawab. Misalnya, tanggung jawab seorang istri adalah mengurus anak dan suami. Sementara tugas suami adalah mencari nafkah atau uang untuk kelangsungan hidup keluarga. Jika Anda sudah siap dengan tanggung jawab tersebut, itu artinya Anda siap menikah.

3. Menjalin hubungan dengan keluarga besar
Ada beberapa pasangan yang masih tinggal di rumah mertuanya hingga sekarang. Bisa saja ini akan terjadi juga pada Anda. Di sini Anda harus mempersiapkan mental untuk beradaptasi dengan keluarga pasangan. Karena menjalin hubungan dengan keluarga besar yang baru itu tidaklah mudah.

4. Mengendalikan emosi.
Pengendalian emosi merupakan hal utama saat mempersiapkan pernikahan. Jangan sampai emosi Anda yang mudah tersulut membuat pernikahan jadi berantakan. Karena emosi seseorang cenderung lebih mudah mengatakan ‘pisah’ atau ‘cerai’. Jadi latih diri agar emosi yang ada pada diri Anda tidak meledak.

5. Keuangan
Hal terpenting dalam pernikahan adalah soal keuangan. Persiapkan uang Anda untuk masa depan bersama pasangan sejak sekarang. Belajarlah untuk tidak boros atau menghambur-hamburkan uang. Jika uang tidak cukup, Anda bisa menggelar pesta pernikahan yang sederhana dan sisanya bisa buat bekal dalam rumahtangga nanti.

6. Penampilan Fisik
Meskipun penampilan fisik dan daya tarik telah membuat dua orang saling tertarik pada awalnya, namun karena faktor ini juga bisa mempengaruhi sisa hidup pasangan, jadi perlu juga diperhatikan. Ada yang bilang fisik yang menyatukan, fisik juga yang memisahkan . (bbs)

Berita terkait: