Taman Kota, Lokasi Wisata dan Olahraga

RANTAUPRAPAT-Taman di sekeliling Stadion Binaraga, Jalan Binaraga, Kelurahan Siringo-ringo, Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu kini menjlma menjadi lokasi wisata alternatif warga sekitar. Saat ini, di sana kerap terlihat kegiatan olahraga, santai hingga bersenda gurau antara kaum remaja.

Amatan Sumut Pos, Rabu (6/2), hampir disekeliling halaman olahraga yang berada di belakang Kantor Lurah Siringo-ringo dan Kantor Lurah Cendana tersebut saat ini makin ramai didatangi warga kota Rantauprapat. Mulai dari simpang Jalan Menara, Jalan Binaraga, Jalan By Pass dan pemancar TVRI, tempat duduk yang disediakan dipenuhi kawula muda.

Selain itu, para usia lanjut juga memanfaatkan lingkaran luar stadion untuk olahraga jalan kaki. “Dimana lagi, ya disnilah lebih baik. Lagi pula di sinikan tidak banyak kenderaan yang melintas, jadi tidak terlalu banyak abu dan masih sedikit terkontaminasi asap,” ujar J boru Manurung dan S boru Tumanggor, dua orang ibu pengunjung taman.

Sama halnya dengan sejumlah remaja yang ditemui sedang bersantai di bawah rindangnya pohon akasia dekat lapangan tenis. Sebelum berangkat mengikuti bimbingan belajar sore itu, mereka menyempatkan bercanda ria. “Karena apa ya, karena di sini dingin bang, terus tidak takut awak diganggu orang, karena ada saja yang olahraga,” aku Dewi, Ningsih dan lainnya, selaku pelajar salahsatu SLTP.

Kondisi yang sama terlihat di sekitaran belakang Puskesmas Kota dan Koramil Kota, Kecamatan Rantau Utara. Ditambah dengan adanya permainan luncuran yang disediakan, sarana tersebut menjadi daya tarik yang kuat untuk dikunjungi orangtua bersama anak-anaknya. Pepohonan di kanan-kiri arena sejumlah permainan luncuran itu diakui menjadi salah satu lokasi paling sejuk di kota ini. Bunga di taman pun menyajikan pemandangan yang memanjakan mata.

Meningkatnya angka kunjungan warga ke sekitaran Stadion Binaraga menjadi berkah tersendiri bagi sejumlah pedagang makanan dan minuman. Berbekal kereta sorong, mudah didapati pedagang bakso, mie sop, ice cream, molen dan berbagai makanan gorengan. Bahkan ada warga yang membuat lokasi jualan dalam bentuk semi permanen disekitaran Jalan Binaraga, tepatnya dibelakang gedung MTS Negeri II.

Untuk menambah kenyamanan dan menghindari aksi kriminal, pemerintah setempat sudah memasangi lampu dengan pencahayaan optimal menerangi lokasi saat hari mulai gelap.

Guna melestarikan tanaman serta kebersihan lingkungan disekitaran tersebut, Bupati Pemkab Labuhanbatu H Tigor Panusunan Siregar didampingi sejumlah kepala SKPD beberapa kali melakukan kegiatan Jumat bersih disana. Selain itu, tujuannya juga dikarenakan pentingnya kebersihan lingkungan bagi warga. Sebab, selain dapat mengantisipasi timbulnya berbagai macam penyakit juga menambah indah pemandangan. (mag-16)

Berita terkait:

FEATURE

DBL Indonesia North Sumatera Series
PLN Bottom Bar