Usai Mundur Paus Benediktus XVI Pilih Bersembunyi

ROMA – Usai mengundurkan dirinya dari jabatan Pimpinan Gereja Katolik, Paus Benediktus XVI akan menjauh dari tatapan publik. Paus tampaknya akan hidup dengan ketenangan dan terus beribadah.

Pope Benedict XVI

Pope Benedict XVI


“Meski saya menarik diri untuk giat beribadah, saya akan tetap berada di dekat Anda dan saya yakin bahwa Anda akan selalu dekat dengan saya. Bahkan di saat saya bersembunyi dari dunia ini,” ujar Paus di depan para kardinal, seperti dikutip Reuters, Jumat (15/2).

Tepat pada 28 Februari 2013, Paus Benediktus akan melepaskan jabatannya yang sudah diemban sejak 2005 silam. Paus dikabarkan akan mengunjungi Kastil Gandolfo yang terletak di selatan Kota Roma dan tinggal di dekat Basilika Santo Petrus.

Salah seorang akademisi teolog asal Universitas Georgetown berpendapat, ketika paus mundur, paus itu harus melepaskan jubah putihnya dan kembali mengenakan pakaian seorang kardinal.

Pira berambut putih itu tidak boleh dipanggil lagi dengan nama paus, Benediktus, atau yang mulia. Pria itu akan kembali ke nama aslinya, Kardinal Joseph Ratzinger.

Seperti diketahui, selama seribu tahun belakangan ini hanya ada lima paus yang memutuskan untuk mundur dari jabatannya. Kebanyakan paus menjabat sebagai pimpinan gereja hingga mereka wafat.

Muncul pula teka-teki mengenai, apa yang akan dilakukan oleh Gereja Katolik untuk mengurus mantan pemimpinnya yang masih hidup. Pertanyaan itu dikabarkan masih belum terjawab karena sejumlah alasan.

Meski demikian, seorang juru bicara Vatikan mengatakan bahwa Paus Benediktus XVI akan tetap tinggal di lingkungan Vatikan. Jelas sekali, pria Jerman berusia 85 tahun itu akan memperdalam ilmu keagamaannya dan terus belajar.(net)

Berita terkait:

FEATURE

DBL Indonesia North Sumatera Series
PLN Bottom Bar