Lesung Pipi Cacat Otot yang Menawan

Lesung pipi merupakan ciri fisik yang tidak dimiliki semua orang. Lantaran keunikan ini pula, ada anggapan yang muncul jika senyum seseorang yang dihiasi lesung pipi tampak lebih manis dan menawan.
Banyak selebriti papan atas yang makin tenar karena ciri khas lesung pipi ini. Mereka antara lain Angelina Jolie, Pretty Zinta, Afgan, Marcell Darwin, Chicco Jericho, dan masih banyak lagi.

Pretty Zinta

Pretty Zinta


Keinginan memiliki senyum menawan dengan hiasan lesung pipi itulah yang membuat banyak orang tertarik memiliki ciri fisik ini. Jika secara alami tidak memiliki lesung pipi, masih ada alternatif lain, yaitu melalui jalan buatan.

Kini, seiring dengan kecanggihan teknologi, dokter ahli bedah plastik bisa mewujudkan keinginan seseorang yang ingin menghias senyumnya dengan lesung pipi.

Meski operasi bisa dilakukan, namun perlu konsultasi matang tentang efek jangka panjangnya. Pasalnya, cekungan kecil di pipi dibuat dengan jalan memotong lapisan tipis di kulit (dimpleplasty).

Kemudian, supaya cekungan tidak terlepas, bagian bawah kulit dijahit ke lapisan yang lebih dalam agar menyatu dengan kulit dan muncul jaringan parut permanen.

Sebenarnya, lesung pipi timbul dari pertumbuhan otot yang tidak sempurna. Dimana pertumbuhan otot terbentuk tidak sempurna.

Walaupun lesung pipi adalah suatu bentuk kecacatan namun bukan merupakan sebuah masalah malahan menjadikan wajah pemiliknya rupawan.

Itu yang dikatakan Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi Estetik Dr. Utama Abdi Tarigan, SpBP.RE saat dijumpai wartawan Sumut Pos di tempat praktik kerjanya di Rumah Sakit Vina Estetika Jalan Iskandar Muda Medan.

Lanjut dokter ramah ini, karena terlihat manis jadi membuat seseorang berkeinginan membuat lesung pipi buatan. “Sebenarnya tahun 1980 itu sudah banyak yang melakukan operasi bedah plastik, kalau di Medan peminatnya masih kurang sih, tapi ada. Lesung pipi buatan tersebut dibuat melalui operasi bedah dengan teknik otot pipi ditarik sedikit dari dalam pipi pasien. Otot yang ditarik pun tidak banyak,” terangnya.

Dikatakannya, penarikan otot tersebut tidak mengakibatkan efek samping dengan catatan ditangani oleh orang yang benar, orang yang ahli.

‘’Otot di dalam pipi ditarik sedikit dari sebelah dalam mulut sehingga ada cekungan yang terlihat saat tersenyum,”ungkapnya.

Selain membuat lesung pipi, kata dr Utama Andi, operasi membuat dagu yang berbelah juga banyak diminati. (mag-12)
Fakta Menarik Seputar Lesung Pipi

  • Lesung pipi merupakan sebuah otot yang pendek dan merupakan cacat dari lahir yang terjadi karena otot zygomaticus utama. Jadi, ketika seseorang pemilik lesung tersenyum maka otot singkat di wajah menarik ke atas sehingga membentuk lesung pipi tersebut. Dan lesung pipi akan menghilang ketika kulit pada wajah tidak bereaksi atau diam.

  • Lesung pipi menghilang, lesung pipi bisa menghilang seiring dengan waktu, sering ditemukan pada bayi yang lahir dengan lesung dan kemudian hilang dengan bertambahnya usia mereka. Hal ini terjadi karena saat tumbuh dewasa, beberapa otot juga memanjang sehingga kulit wajah yang tadinya berlesung menjadi normal.
  • Genetik Trait. Lesung dianggap suatu sifat dominan (di mana hanya dibutuhkan satu gen untuk mewarisi mereka). Jika salah satu orang tua Anda memiliki lesung, maka anak-anaknya memiliki kesempatan 25-50% untuk juga memiliki lesung seperti orang tua mereka . Jika kedua orang tua Anda memiliki lesung pipi, peluang Anda untuk memiliki lesung meningkat menjadi 50-100%, tergantung pada bagaimana orang tua Anda mewarisi sifat tersebut.
  • Lesung pipi buatan. Percaya atau tidak, ada banyak permintaan untuk membuat lesung melalui pembedahan. Orang berani membayar mahal hanya karena ingin meiliki lesung yang menawan. Dokter bedah biasanya menciptakan lesung pipi melalui sayatan kecil di dalam pipi Anda, dan lesung ini dibuat untuk menjadi permanen.
  • Cantik dan menawan. Banyak orang mengatakan bahwa pemilik lesung pipi baik itu pria atau wanita terlihat sangat manis jika mereka tersenyum. Pemilik lesung juga sering disebut memiliki “baby face”. Dalam budaya Barat, lesung dianggap fitur menarik pada pria dan wanita.
  • Good Luck dan Kesejahteraan. Dalam beberapa budaya, lesung dijadikan sebagai tanda keberuntungan dan kemakmuran. Cleopatra dikatakan juga memiliki lesung. Dalam kebudayaan India, lesung yang hadir pada seorang wanita ketika mereka tersenyum, merupakan indikasi bahwa wanita itu sangat disukai oleh suaminya. Baik Asia dan Yunani, lesung juga merupakan daya tarik. (net)

Berita terkait:

FEATURE

DBL Indonesia North Sumatera Series
PLN Bottom Bar