12 Ribu Penderita Katarak Akan Dioperasi

MEDAN- PT SidoMuncul bersama dengan Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) baru-baru ini menggelar bakti sosial operasi katarak. Pelaksanaan bakti sosial di RS Tk II Putri Hijau diikuti sebanyak 261 pasien katarak dari 9 kabupaten/kota, juga menggandeng TNI Angkatan Darat, Kodam I/BB. “Target kita 12 ribu penderita katarak tahun 2013 dan ini tahun ke tiga,” ujar Direktur Utama PT SidoMuncul Irwan Hidayat.

Dikatakannya, tahun 2011 Sidomuncul bersama Perdami juga telah melakukan operasi sebanyak 6 ribu mata dan tahun 2012 sebanyak 12.746 mata. “Tahun ini komitmen untuk melaksanakan bakti sosial operasi katarak sebanyak 12 ribu mata di seluruh Indonesia. Total yang telah dioperasi selama dua tahun berjumlah 18.746 mata. Ini merupakan bukti seirus yang dilakuakn SidoMuncul ,” ucap Irwan.

Sedangkan sampai 22 Desember, lanjutnya, bakti sosial operasi katarak telah dilaksanakan di 25 provinsi, 117 kabupaten/kota melalui 155 rumah sakit. “Kami bersyukur dapat melanjutkan kembali operasi katarak gratis bagi kalangan tidak mampu. Terimakasih pada semua pihak yang mendukung,” ucap Irwan.

Ketua Perdami Pusat Prof DR dr Nila F Moeloek, SpM mengatakan, waktu pelaksanaan operasi sekitar 10 sampai 15 menit, tergantung dokter dan peralatan. Penderita katarak, bisa terjadi pada anak karena faktor keturunan dan faktor lainnya.

Dalam pelaksanaan itu, KSAD Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo mendukung pelaksanaan operasi katarak dan mengunjungi pasien operasi katarak, didampingi Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewijk F Paulus, Karumkit Putri Hijau dan lainnya. (mag-2)

Berita terkait:

FEATURE

DBL Indonesia North Sumatera Series
PLN Bottom Bar