RE Nainggolan Unggul di Debat Kandidat

Satu-satunya Calon Bahas Kepastian Hukum, Tata Ruang dan Masalah Lahan
Masyarakat Sumatera Utara mengaku puas dengan penjelasan dan jawaban-jawaban yang disampaikan Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara Dr RE Nainggolan, MM, pada acara Uji Publik Pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Sumut yang ditayangkan secara langsung oleh TV One,
Senin (25/2) malam.

RE Nainggolan bahkan dinilai sebagai kandidat yang paling mengerti Sumut. Rasa puas masyarakat itu tercermin melalui berbagai komentar di sosial media facebook dan twitter. Titiek Nansriaty melalui akun twitternya @mami_titik menyatakan “Kami puas jawaban bapak dan hanya bapak yang mengerti Sumut”. Pernyataan itu ia sampaikan ke akun @RENAINGGOLAN, yang dikenal sebagai akun twitter pribadi RE Nainggolan.

Mega Sihombing, melalui akun twitternya @MegaUlva memberikan pendapat senada. Ke akun twitter RE Nainggolan, ia mengatakan, ”Cuma bapak yang jawabannya sistematis”.

Sedangkan Devella Eya melalui akun twitternya @devellaeva menanggapi gaya bicara RE Nainggolan yang santun dan bersahaja. “Sukses buat debatnya yah pak @RENAINGGOLAN. Lembut dan halus tapi pas kenak banget visi dan misinya,” tulis Devella sembari memberikan ikon senyum di akhir tweetnya.

Selain apresiasi, sejumlah pemilik akun twitter juga bertanya kepada RE Nainggolan mengapa pasangannya di nomor urut empat, Calon Gubernur Drs H Amri Tambunan, tidak hadir dalam acara Uji Publik tersebut. Pertanyaan yang sama juga dilontarkan Muhammad Rizky, anchor TV One yang menjadi pembawa acara Uji Publik tersebut.

“Amri sedang berada di Sibolga, bersama dengan masyarakat di sana. Sejak awal kami berbagi tugas, saya yang di sini,” jawab RE Nainggolan yang secara khusus kembali dari Kabupaten Humbang Hasundutan dengan menggunakan pesawat dari Bandara Silangit untuk menghadiri Uji Publik di Medan.

Mayan Manalu, melalui akun facebooknya menyatakan, “Salut banget buat pak RE. Tadi jam 5 masih awak salam di Humbang, sekarang sudah di TV One”.

endati tampil seorang diri, RE Nainggolan menjawab pertanyaan-pertanyaan panelis dengan percaya diri, sistematis dan tepat sasaran. RE Nainggolan juga dinilai sebagai kandidat yang paling matang, namun santun dan elegan, karena tidak pernah memojokkan kandidat lainnya.

Hadir sebagai panelis dalam acara itu, Ketua Kadin Sumut Ivan Iskandar Batubara, Guru Besar Universitas Sumatera Utara Prof Sirojuzilam Hasim dan pengamat ekonomi Hendri Saparini. Ketiga panelis, memberikan pertanyaan-pertanyaan sulit dan kritis kepada RE Nainggolan tentang bagaimana membangun iklim investasi yang sehat.

Menjawab pertanyaan itu, RE Nainggolan menyatakan, ada tiga hal yang harus segera dibenahi untuk menghadirkan iklim investasi yang sehat di Sumut, yaitu kepastian hukum, tata ruang dan pembebasan lahan.

Kepastian hukum berkaitan dengan kepastian proses perijinan, baik lamanya proses perijinan, biaya perijinan serta persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi investor. (adv)

Berita terkait: