Isu Pelanggaran HAM Bayangi Prabowo Subianto

Berbagai survei menunjukkan elektabilitas capres dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto, cukup tinggi. Tapi, di balik itu, persoalan dugaan pelanggaran HAM di masa lalu terkait penghilangan belasan aktivis dalam periode 1997-1998 masih membayanginya.

KASUS: Letjen (Purn) Prabowo diarak anak-anak buahnya saat aktif  Kopassus  sebuah parade  Cijantung. Isu pelanggaran HAM terhadap aktivis masih membayangi pencapresan Prabowo./sumut pos

KASUS: Letjen (Purn) Prabowo diarak anak-anak buahnya saat aktif di Kopassus dalam sebuah parade di Cijantung. Isu pelanggaran HAM terhadap aktivis masih membayangi pencapresan Prabowo./sumut pos


PENGAMAT politik Ade Armando menyampaikan, Prabowo harus menjelaskan secara terbuka peristiwa yang sampai sekarang masih menjadi misteri itu. “Kalau Prabowo hanya menjadi pengusaha sukses, terus bilang lupakan masa lalu, mungkin (publik) masih bisa terima.

Tapi, kalau Prabowo memang ingin menjadi presiden, jujur cerita apa yang terjadi pada tahun-tahun itu,” kata Ade dalam bedah buku”Gelora Kebangsaan Tak Kunjung Padam: 70 Tahun Taufik Kiemas”di aula FKUI kemarin (5/3).

Acara tersebut dihadiri Kiemas, Ketua DPD Irman Gusman, Wakil Ketua MPR Hajriyanto Y. Thohari dan Farhan Hamid, serta Wakil Ketua DPR Pramono Anung.

Ade mengungkapkan, ada belasan aktivis yang diculik dan hilang sampai sekarang. Sembilan aktivis memang sudah kembali. Misalnya, Pius Lustrilanang, Desmond J. Mahesa, dan Haryanto Taslam. Mereka malah bergabung dengan Partai Gerindra. Pius dan Desmond kini duduk sebagai anggota DPR. Tapi, sejumlah aktivis yang lain masih tak jelas nasibnya.

Saat peristiwa itu terjadi, Prabowo menjadi Pangkostrad. Prabowo sendiri tidak pernah diajukan ke Mahkamah Militer Luar Biasa (Mahmilub), tapi hanya diperiksa Dewan Kehormatan Perwira (DKP). “Prabowo mengaku tahu ada Tim Mawar (yang menculik). Tapi, tidak tahu kalau itu sampai ke penyiksaan,” kata Ade.

Mahmilub akhirnya memvonis bersalah beberapa bawahan Prabowo. Mereka dipecat dari jabatannya. Ada yang ditahan beberapa waktu, lalu bebas. Prabowo sendiri akhirnya diberhentikan dari dinas kemiliteran. “Sampai sekarang Prabowo tidak pernah cerita soal aktivis lain yang masih hilang dan mungkin sudah mati itu,” tegas dosen FISIP UI itu.

Prabowo, lanjut Ade, harus bisa menunjukkan bahwa dirinya bersih, sekaligus menunjuk pelakunya. “Kita tidak mau punya capres yang masa lalunya dirahasiakan atau kita tidak tahu. Apalagi, ini bukan masa lalu dalam arti tahun 1945, tapi tahun 1997-1998. Baru 15 tahun lalu,” bebernya.

Dia menegaskan, penculikan, penyiksaan, dan pembunuhan secara sistematis merupakan kejahatan HAM yang tergolong berat.

Secara terpisah, anggota Dewan Pembina Partai Gerindra Permadi menilai ada upaya menghancurkan elektabilitas Prabowo yang tengah menanjak dengan terus mengaitkannya ke peristiwa penculikan aktivis 1997-1998. “Jelas ada orang-orang yang ingin menjegal Prabowo jadi presiden,” katanya.

Dia menuturkan, pada era itu ada banyak tim yang mendapat tugas menculik. Jadi, bukan hanya tim yang berada di bawah kendali Prabowo. “Ada banyak tim yang juga ditugaskan menculik dan mungkin membunuh,” katanya. Permadi menilai masalah Prabowo sudah selesai. Sebagai tentara yang sangat loyal, kata Permadi, Prabowo tidak mungkin mengambil inisiatif. Semua tindakan pasti berdasar perintah atau suruhan atasannya.

“Suatu ketika dalam rapat Partai Gerindra, Prabowo menyampaikan bahwa dirinya pernah disuruh membunuh Permadi. Dia itu disuruh. Mengapa yang menyuruh tidak pernah diutik-utik?” ujarnya.

Sebagai Pangkostrad kala itu, lanjut Permadi, Prabowo hanya memiliki tiga atasan. Yang paling bawah adalah KSAD, kemudian panglima ABRI, dan paling atas adalah presiden selaku panglima tertinggi. “Kenapa yang lain itu tidak pernah diutik-utik?” protesnya.

Menurut Permadi, Prabowo yang berpangkat letjen itu sudah menerima ganjaran yang sangat berat dalam bentuk pemecatan. “Itu hukuman tertinggi bagi perwira tinggi,” katanya. Hal lain yang harus diingat, lanjut dia, semua aktivis yang penculikannya dikaitkan dengan Prabowo kembali dalam keadaan hidup. “Semua bergabung ke Gerindra, termasuk saya,” ujarnya. (pri/c2/agm/jpnn)

Berita terkait:

  • Rizky Pranata Ozora Surbakti

    Semoga kasus ini tetap berkembang .

  • rahmat

    Syukur ALHAMDULILLAH hal yang tidak pernah terbayankan dan tidak pernah
    terpikirkan kalau saya bisa seperti ini,mungkin dulu saya adalah orang
    yang paling termiskin didunia,karna pekerjaan saya cuma pemulun dan
    pendapatan saya tidak bisa mengcukupi kebutuhan keluarga saya dan suatu
    saat kami kumpul baren sesama pemulun dan ada teman saya yg berkata,ada
    dukun yang bisa menembus semua nomor yg namanya AKI SANTANU dan saya
    meminta nomor AKI SANTANU pada teman saya,dan tanpa banyak pikir saya
    langsun menghubungi AKI SANTANU dan alhamdulillah dgn senang hati AKI
    SANTANU ingin membantu saya asalkan saya bisa memenuhi pendaftaran
    untuk masuk member,dan saya dibantu dalam 5x putaran dan alhamdulillah
    itu semuanya benar benar terbukti tembus,saya sangat berterimah kasih
    banyak kepada AKI SANTANU berkat bantuan beliau,sekaran saya sdh mau
    membuka usaha untuk masa depan kami dan sankin senannya saya tidak bisa
    mengunkapkan dengan kata kata,bagi anda yang ingin seperti saya silahkan
    hubungi AKI SANTANU di 082 317 877 775 AKI SANTANU memang para normal
    yg paling terhebat dan tidak seperti para normal yg lainnya yg kerjanya
    cuma bisa menguras uang orang,jika ada yang memakai atau mengambil
    pesan ini tanpa ada nama AKI SANTANU dan nomor beliau itu cuma penipuan
    dan itu cuma palsu,,ingat kesempatan tidak datang untuk kedua kalinya.

  • Josh

    I miss you Yohana. Semoga engkau diterima bapa disurga kakak ku sayang. Kami Akan selalu mengingat engkau di sini

FEATURE

DBL Indonesia North Sumatera Series
PLN Bottom Bar