(3)Dortmund v Shakhtar(0)

Die Borussen Fantastis Selama 80 Menit

DORTMUND-Borussia Dortmund berhasil menang telak atas Shakhtar Donetsk di leg kedua babak 16 besar Liga Champions. Pelatih Die Borussen Juergen Klopp, menyatakan, tim asuhannya bermain fantastis.

TEMUI FANS: Para pemain Dortmund mendatangi fans usai memastikan lolos  perempat final Liga Champions.

TEMUI FANS: Para pemain Dortmund mendatangi fans usai memastikan lolos ke perempat final Liga Champions.


Saat melakoni laga di Signal Iduna Park, Rabu (6/3) dini hari WIB, Dortmund berhasil meraup hasil positif dengan skor akhir 3-0. Hasil ini mengantarkan Dortmund melaju ke babak perempatfinal dengan menang agregat 5-2 atas klub asal Ukraina, Shakhtar.

Klopp yang juga memuji permainan tim lawan di babak kedua, menilai permainan Dortmund sungguh luar biasa. “Pertandingan ini berarti penting buat kami secara personal dan ini merupakan momen yang luar biasa,” tutur Klopp seperti dilansir situs resmi UEFA.

“Secara keseluruhan Liga Champions kali ini berlangsung lancar buat Dortmund. Shakhtar menunjukkan kualitas di babak kedua tapi kami lebih fantastis selama 80 menit pertandingan,” tambahnya.

Di babak pertama, Robert Lewandowski mendapat peluang bagus menit 12. Berawal dari umpan terobosan Goetze, sontekan Lewandowski bisa dihalau oleh kiper Andriy Pyatov.

Percobaan Sven Bender menit 18 juga belum mengubah keadaan. Tembakan jarak jauh Bender tak mengarah ke gawang.

Dortmund akhirnya memecahkan kebuntuan menit 31. Menyambut sebuah sepak pojok, Santana mengalahkan Yaroslav Rakitskiy dalam duel udara dan sukses mengirim bola ke gawang dengan kepalanya.

Berselang enam menit, tim tuan rumah mencetak gol keduanya. Memanfaatkan umpan silang Lewandowski dari sisi kanan, Goetze menyontek bola ke dalam gawang tanpa bisa diantisipasi Pyatov. Skor 2-0 bertahan hingga jeda.

Douglas Costa sempat melakukan aksi spektakuler pada menit 48 saat menggiring bola dari wilayahnya sendiri sampai kotak penalti Dortmund. Tapi, aksinya digagalkan kiper Dortmund, Roman Weidenfeller.

Marco Reus punya kans menambah keunggulan Dortmund di menit 54 lewat tendangan bebas. Namun, bola Reus masih bisa diantisipasi Pyatov.

Dua menit kemudian, giliran Goetze yang menebar ancaman. Dia melepaskan tembakan kaki kiri dari dalam kotak penalti, tapi Pyatov bisa menepisnya.

Dortmund benar-benar mencetak gol ketiganya di menit 59. Berawal dari tembakan Ilkay Guendogan yang gagal ditangkap dengan sempurna oleh Pyatov, Blaszczykowski memaksimalkan bola muntah untuk menggetarkan gawang Shakhtar. Di sisa pertandingan tak ada lagi gol tercipta. 3-0 untuk kemenanga Dortmund. (bbs/jpnn)

Berita terkait:

FEATURE