Pilgubsu Akibatkan Harga Tiket Pesawat Naik

Di sisi lain, Pilgubsu ternyata berpengaruh pada kenaikan harga tiket pesawat. Baik untuk tujuan domestik (dalam negeri) maupun untuk tujuan luar negeri. Seperti harga tiket untuk tujuan Jakarta dari maskapai penerbangan Citilink. Di mana, pada 6 Maret harga tiket sekitar Rp522 ribu, sedangkan untuk 7 Maret menjadi Rp665 ribu per tiket.

“Untuk besok, kita masih open booking. Masih banyak bangku yang tersedia,” ujar Ticketing Staff Citilink di bandara Polonia Medan, Roni, Rabu (6/3).

Dijelaskannya, untuk Citilink ada 3 penerbangan ke Jakarta. Tepatnya pukul 08.40 WIB, 18.50 WIB, dan 20.10 WIB. “Yang paling banyak peminatnya pada pagi hari. Untuk hari ini (kemarin) paling banyak bookingan. Sama seperti besok (hari ini, Red),” ungkapnya.

Sementara itu, maskapai Lions Air yang terbang sebanyak 20 kali dalam sehari untuk rute Medan-Jakarta pada tanggal 7 Maret juga mengakami kenaikan. Bahkan, untuk tanggal tersebut, penerbangan sudah terpesan hingga 70 persen. “Kalau harganya bervariasi untuk tanggal 7 Maret mendatang, mulai dari Rp605 ribu hingga Rp731 ribu per tiket,” ujar Ticketing Staf Lions Air, Willy Yan.

Hal sama juga terjadi pada penerbangan Medan-Jakarta pada maskapai Garuda Indonesia. Di mana, harga tiket pada tanggal 6 Maret berkisar Rp943.100 ribu. Sedangkan untuk tanggal 7 Maret, harga bervariasi mulai dari Rp1.982.000 ribu hingga Rp2.072.000 juta. “Kalau untuk tanggal 6 masih sedikit bangku yang terisi. Sekitar 25 persen,” ungkap Ticketing Staff Garuda Indonesia Airlines, Lusiana Nainggolan.

Sementara Humas PT KAI Divre I Sumut-Aceh, Rapino Situmorang, mengatakan kenaikan jumlah penumpang dikarenakan masyarakat pulang kampung untuk melakukan Pilgubsu. “Sejak pagi tadi (Rabu 6/3) sudah ramai, katanya pulang kampung karena mau nyoblos besok (hari ini),” ungkapnya.

Rapino menyatakan, kenaikan jumlah penumpang ini dapat dilihat dari data uang dimiliki PT KAI. Dimana hingga pukul 15.00 WIB kemarin, jumlah penumpang sudah mencapai 2050 penumpang.  (ram)

Berita terkait: