Pesilat Indonesia Try Out ke Myanmar

JAKARTA-Sebanyak tujuh atlet pencak silat akan melakukan uji gelanggang di Myanmar sebagai tempat untuk berlaga pada SEA Games Desember mendatang.

Sejumlah atlet tersebut antara lain Wulan A Putri, Neni B Putri, Pipit C Putri, Syarifal B Putri, Hanudin C Putra, Almad C Putra, Rai Tunggal Putri yang akan berangkat pada 21 Maret mendatang.

Mereka juga akan melakukan eksibisi pertandingan dihadapan KONI dan Kemenpora Myanmar. “Fungsinya untuk menunjukkan bahwa pencak silat merupakan olahraga yang bisa dimasyarakatkan dan memang layak untuk dipertandingkan. Selain itu, untuk uji gelanggang,” kata pelatih Kepala Timnas Pencak Silat, Taslim Aziz.

Sebelumnya, Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI) telah menggelar seleksi nasional (seleknas) pada pekan lalu. Dari hasil seleksi dengan sistem kompetisi itu terpilih 32 orang atlet dari 56 atlet yang ikut kompetisi.

Jumlah tersebut memenuhi kuota 150 persen sesuai kuota dari Satlak Prima untuk SK Pelatnas tahap kedua yang rencananya segera keluar bulan Maret ini.

“Hasil seleksi itu didapat berdasarkan sistem kompetisi, bagi atlet yang terus menang otomatis lolos. Namun, ada atlet juga yang hanya menang satu atau dua kali. Dari hasil ini dievaluasi berdasarkan prestasi, tes fisik, tes wawancara, serta kebutuhan di SEA Games,” jelasnya. (bbs/jpnn)

Berita terkait:

FEATURE

DBL Indonesia North Sumatera Series
PLN Bottom Bar