Ketua Kelas & Ketua OSIS Itu Harus….

Hello sobeX ….
Masih semangatkan !! Harus yah, gimana mau jadi pemimpin kalau gak semangat..
Well sobeX, kalau kemarin kita sudah membahas sosok seperti apa sih yang bisa memimpin Sumut, kali ini kita mau kembali membahas sosok yang cocok untuk menjadi pemimpin di kelas, sekolah dan kampus. Seperti apa yah???
Sebelumnya ni sobeX, posisi seorang pemimpin, baik itu dilingkup yang kecil hingga besar memiliki posisi yang bonafide dimana yang namanya ketua pasti di hormati dan disegani oleh anggotanya.

Nah, ketua kelas, ketua OSIS atau presiden kampuslah orang yang paling di kenal oleh guru ataupun dosen, ia yang bertangung jawab atas orang-orang  yang berada di kelas tersebut. So, kita pastinya harus selektif dalam memilihnya.

Nah, kalau gitu orang yang seperti apa sih yang sobeX yakini bisa menjadi pemimpin di kelas, sekolah dan kampus sobeX semua ?
Dhea Asriyanti, siswi kelas X5 SMA Dharmawangsa menyampaikan bahwa orang yang cocok untuk menjadi deorang ketua kelas dan ketua OSIS adalah orang yang mau menampung segala aspirasi murid di sekolah.

“Saya rasa, itu saja dulu, karena kalau itu saja pun bisa dilaksanakan, saya rasa itu sudah dapat dibilang bagus,” katanya.

Next, “Tipikal pemimpin bagi saya itu adalah orang yang peduli dengan anggotanya, dapat menjadi panutan dan dapat diandalkan,” ujar Ardi, siswa SMA Negeri 1 Medan.

Lanjutnya, pemimpin memiliki tanggungjawab yang berat, sehingga dalam sebuah kelompok, anggota juga harus dapat memahami pemimpinnya. “Jadi pemimpin itu berat, jadi kita sebagai anggota juga harus dapat mengertinya, jangan hanya menuntut,” katanya.

Tidak jauh berbeda, Syauqie, Siswa SMA Negeri 3 Medan juga mengatakan bahwa seorang pemimpin itu harus punya rasa peduli dan tanggungjawab kepada anggotanya. “Pemimpin itu yah ujung-ujungnya hanya satu yang diminta dari para anggotanya, kenyamanan dan kesejahteraan. Karena memang dia dipilih dan dipercaya sebagai media penyalur aspirasi para siswa,” katanya.

Next, Aulia Sumarlin, siswa kelas XI SMK Negeri 2 Medan ini menyampakan bahwa pemimpin yang baik itu adalah pemimpin yang selalu berpikir positif dan tanggung jawab sebagai pemimpin.

Selain itu, lanjutnya pemimpin juga harus  rendah hati, ramah dan bisa lebih dewasa dibandingkan teman-temannya. “Pemimpin itu harus memiliki sikap yang dewasa, bisa menjadi penyalur inspirasi semua siswa,” katanya.

Last, Evi Susanti, mahasiswi Fakultas Ekonomi USU ini menyampaikan bahwa sosok yang layak menjadi pemimpin di kampusnya adalah orang yang kreatif, inovatif penuh dengan ide-ide cemerlang. “Presiden kampus itu harus kreatif, sehingga kegiatan kampus itu gak mati dan  dan selalu hidup untuk mempersatukan sesama mahasiswa,” katanya.

Lanjutnya, Presma harus mampu menjadikan seluruh mahasiswa di lain-lain fakultas menjadi satu keluarga. “Tidak ada bentrokan atar fakultas, yang jelas dia selalu bisa mengkondusifkan kampus menjadi aman. Juga yang jelas dapat menjadi penampung dan penyalur aspirasi mahasiswa ke pihak rektorat atau birokrat kampus,” katanya.

Well sobeX, jadi pemimpin ternyata gak gampang yah. Banyak sekali tuntutan dari anggotanya, tapi memang itulah, karena pada dasarnya pemimpin itu dipilih untuk menjadi orang yang mau mengatasi berbagai permasalah yang terjadi di kelompoknya.

So, bagi sobeX yang saat ini sudah jadi pemimpin atau yang mau jadi pemimpin, harus lebih siap dan banyak lagi belajar. Oke !
Bye sobeX ….(uma/put)

Berita terkait: