Wali Kota Resmikan Masjid Al-Barokah

Beri Bantuan Dana Pembangunan Masjid

Wali Kota Medan Drs H Rahudman Harahap MM meresmikan Masjid Al-Barokah di Jalan Kapten Rahmad Buddin, Gang Mangga, Lingkungan 2, Kelurahan Paya Pasir, Kecamatan Medan Marelan, Jumat (29/3). Dalam peresmian itu, Wali Kota mengatakan, pembangunan masjid tidak terlepas dari dukungan partisipasi dari semua pihak.

DISAMBUT: Wali Kota Medan Drs H Rahudman Harahap MM diikuti Camat Medan Marelan Dedi Jaminsyah Putra Harahap SSTP.MSP, disambut jamaah Masjid Al-Barokah, Jalan Kapten Rahmad Buddin, Gang Mangga Ling 2, Kelurahan Paya Pasir, Kecamatan Medan Marelan, Jumat (29/3).//redianto/sumut pos

DISAMBUT: Wali Kota Medan Drs H Rahudman Harahap MM diikuti Camat Medan Marelan Dedi Jaminsyah Putra Harahap SSTP.MSP, disambut jamaah Masjid Al-Barokah, Jalan Kapten Rahmad Buddin, Gang Mangga Ling 2, Kelurahan Paya Pasir, Kecamatan Medan Marelan, Jumat (29/3).//redianto/sumut pos


“Di dalam perumahan ini  harus ada fasilitas umum dan sosial. Salah satunya masjid karena masjid sebagai tempat ibadah. Melalui masjid juga bisa menumbuhkan sikap toleransi dan memperkokoh tali silaturahmi. Mudah-mudahan ini harus jadi kebanggaan. Jadi, masjid ini harus terus dimakmurkan,” ujarnya.

Wali Kota berharap, dari masjid harus terpancar semangat keislaman. Sebab, belakangan ini iman dan karakter masyarakat sudah berkurang. Seperti kasus tewasnya Kapolsek Dolok Pardamean AKP Andar Yonar  Siahaan.

Wali Kota juga menyinggung soal kehidupan sebagian imam di Kota Medan yang belum memiliki rumah. Dirinya merasa sedih dengan hal itu. Padahal, imam yang menghidupkan kegiatan dan waktu salat di masjid. “Di setiap masjid harus ada rumah imam. Kalau ada rumah, pasti mereka menjaganya dengan baik kegiatan dan waktu salat,” tutur Wali Kota.

Selain itu, Wali Kota juga meminta dibuat pengajian malam hari untuk anak-anak di Masjid Al-Barokah. “Saya minta setiap malam ada dua guru yang mengajar anak-anak mengaji di masjid ini. Masalah dana, jangan dipikirin. Setiap guru akan diberi honor Rp500 ribu per orang. Pemko akan menyiapkan dana Rp12 juta untuk membayar honor guru dalam setahun,” ujar Wali Kota berjanji.

Sementara itu, Ketua Badan Kenaziran Masjid (BKM) Al-Barokah H B Tambunan berharap Pemko Medan memberikan bantuan pembangunan Masjid Al-Barokah yang belum selesai dibangun. “Sekarang ini kami terkendala dengan listrik. Sebab, arus listrik sampai sekarang belum ada. Kami mohon bantuannya Pak,” pinta Tambunan.

Begitu mendengar keluhan Ketua BKM, Wali Kota langsung meresponnya. “Ini ada infak dari istri saya, Hj Yusra Siregar sebesar Rp20 juta untuk pembangunan Masjid Al-Barokah. Mudah-mudahan bisa bermanfaat,” kata Wali Kota.

Sedangkan Ir Syaiful Bahri selaku Sekda Kota Medan merespon permintaan bantuan tersebut. Seluruh Pimpinan SKPD jajaran Pemko Medan, serta Camat Medan Marelan turut memberikan sumbangan. “Mudah-mudahan dengan dana sebesar Rp69,5 juta hasil dari infak istri saya serta Sekda dan SKPD bisa dimanfaatkan untuk pembangunan masjid ini,” pungkasnya.

Pada peresmian masjid tersebut, kegiatan diawali pembacaan surat suci Alquran oleh Dedi dan doa oleh Jumadi SAG. Begitu masjid diresmikan, Wali Kota beserta pengurus BKM, Muspika Kecamatan Medan Marelan dan warga melaksanakan salat Jumat bersama. (dya/adv)

Berita terkait:

FEATURE

DBL Indonesia North Sumatera Series
PLN Bottom Bar