Disdik Didesak Salurkan Tunjangan Profesi Guru

MEDAN – Tunjangan profesi guru di Kota Medan bulan November dan Desember  2012, ternyata belum disalurkan. Hal inilah yang membuat DPRD Kota Medan meminta kepada Dinas Pendidikan untuk segera menyalurkannya.

“Kami meminta kepada Dinas Pendidikan Kota Medan agar segera menyalurkan dana tunjangan profesi untuk guru bantuan pemerintah pusat tersebut,” ujar Sekretaris Komisi B DPRD Kota Medan, HT Bahrumsyah pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas Pendidikan di Gedung DPRD Kota Medan Jalan Kerakatau Ujung, Jumat (5/4).

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan, Parluhutan Hasibuan mengatakan, dana tersebut belum disalurkan kepada guru-guru di Kota Medan karena jumlahnya masih kurang. Dikatakan, bantuan dari pemerintah pusat tersebut seharusnya berjumlah Rp24 miliar. Namun, yang ada sekarang ini hanya Rp20 miliar.

“Itu merupakan bantuan untuk tahun 2012 lalu. Karena jumlahnya kurang, kita terpaksa menahannya dan kini mengendap di Pemko Medan. Sebab, kalau disalurkan, jumlahnya masih kurang,” ujar Parluhutan.

Begitu juga dengan dana bantuan SBY. Dari jumlah Rp2 miliar yang dijanjikan, Pemko Medan baru menerima Rp548 juta. “Guru-guru juga bertanya mengapa dana bantuan SBY itu belum mereka terima. Kita menahannnya, karena jumlahnya masih kurang,” tambahnya.

Menanggapi hal tersebut, Bahrumsyah meminta agar Dinas Pendidikan secepatnya menyalurkan dana bantuan pusat tersebut. Pasalnya, dana  itu pasti sudah sangat ditunggu-tunggu oleh tenaga pendidik di Kota Medan. “Kita berharap agar dana yang ada supaya disalurkan terlebih dahulu, secara bertahap, karena itu sudah sangat dibutuhkan guru,” sarannya.

Sedangkan, untuk sisanya, Bahrum menyarankan agar Dinas Pendidikan segera mengajukan ke pusat agar ditampung dalam Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (P-APBN) 2013 ini. “Untuk sisanya agar diajukan kembali, sehingga ditampung di P-ABPN tahun ini,” ungkapnya.

Untuk bantuan tahun 2013 ini, Dinas Pendidikan Kota Medan mengaku tidak memiliki masalah, karena anggarannya sudah ada. Bantuan untuk tunjangan profesi guru itu pun akan secepatnya dicairkan. (mag-7)

Berita terkait:

FEATURE

DBL Indonesia North Sumatera Series
PLN Bottom Bar