KPUD Mulai Terima Daftar Caleg Sementara (DCS) 12 Parpol

Hari Pertama Sepi, Parpol Klaim Tunggu Finalisasi

Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sumut di Jalan Perintis Kemerdekaan tampak lengang. Sulit menemukan kader dan simpatisan partai di ruangan seluas setengah lapangan bola itu. Padahal hari ini, Selasa (9/4),  adalah hari pertama pembukaan pendaftaran calon anggota legislatif.
INFORMASI yang dihimpun Sumut Pos menyebutkan sejumlah pengurus parpol tingkat provinsi belum memastikan kapan akan menyerahkan DCS. “Kami masih menunggu dari DPP karena masih diproses oleh DPP,” ujar Ketua DPW Partai Nasdem, Ali Umri.

Jawaban  serupa juga disampaikan oleh Sekretaris Internal PDIP, Soetarto. “Masih di DPP. Soal jadwal kami harapkan  sudah keluar dari DPP tanggal 15 April. Mungkin sebelum tanggal 20 DCS sudah bisa diserahkan,” katanya.

Sementara itu, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sumut, menyebutkan, penyerahan DCS akan dilakukan pada akhir jadwal pendaftaran DCS. Pasalnya pada 15 April nanti, seluruh nama di DCS akan lebih dulu dikirimkan ke DPP Demokrat untuk disahkan dan didaftarkan ke KPUD.

“Tadi malam kami sudah rapat. Menurut Ketua DPD Tengku  Milwan, penyerahan DCS ke KPU akan dilakukan pada 20 atau 21 April,” ujar Wakil Sekretaris  DPD Demokrat Sumut, Sopar Siburian.

Akan halnya Sekretaris DPD Golkar Sumut, Hanafiah Harahap menyampaikan tanggal 9 April pihaknya masih menunggu finalisasi DPP Golkar. ‘’Jadi sudah mendekati hampir 100 persen kesiapan berkas para caleg dari Golkar,’’ katanya.

Ia menyatakan DPD Golkar Sumut akan serempak bersama DPC Golkar se-Sumut untuk mendaftar ke KPU. “Beberapa hari ke depan akan dijadwalkan menyerahkan DCS ke kantor KPUD,’’ ujarnya.

Terpisah, Sekretaris DPW PKS Sumut, Satrya Yudha menyatakan rencana PKS untuk menyerahkan DCS pada hari pertama urung dilaksanakan karena seluruh pengurus daerah PKS di Indonesia berencana mendaftar serentak tiga hari ke depan. “Sekarang ini berkas masih menunggu finalisasi di DPP PKS. Setelah itu kami akan serempak mendaftar ke KPUD,’’ ujarnya.

Suasana lengang juga terlihat di kantor KPUD Tebingtinggi di Jalan Rumah Sakit Umum, Kota Tebingtinggi. Hingga petang kemarin belum ada satupun parpol yeng menyerahkan DCS ke Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD).

“Tak satupun dari 12 parpol yang lolos Pemilu 2014 menyerahkan DCS untuk anggota DPRD Tebingtinggi,” ungkap Ketua KPUD Tebingtinggi Wal Ashri kepada Sumut Pos, Selasa sore (9/4).

Idem Itto di kantor KPUD Deliserdang yang terletak di Jalan Tirta Deli, Lubuk Pakam, Selasa (9/4). “Mungkin karena baru hari pertama banyak parpol yang belum mendaftar. Kita lihat saja beberapa hari lagi,” ujar komisoner KPUD Deliserdang, Agusnedi.

Hanya saja tak semua sekretariat lengang layaknya di KPUD Sumut, KPUD Tebingtinggi, dan Deliserdang. Pernyataan Sekjen PKS Sumut Satrya Yudha bahwa PKS akan mendaftar serentak di seluruh KPUD ternyata tak sepenuhnya benar. Di kantor KPUD Labuhanbatu, sejumlah petugas penghubung mulai sibuk menerima berkas DCS dari pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Labuhanbatu.

‘’Kami siap bertarung pada Pemilu 2014. Kesiapan itu kami perlihatkan dengan menyerahkan DCS pada hari pertama. Target kami masuk tiga besar,’’ tukas petugas penghubung DPC PKS, Ali Hanafiah didampingi rekannya Idris Fansyuri menjawab Sumut Pos, Selasa (9/4) selepas menyerahkan DCS ke KPUD Kabupaten Labuhanbatu.

Di Langkat, pengurus PKS juga menyerahkan DCS tepat pada hari pertama ke KPUD Langkat.   “Semoga saja enjadi titik awal yang cerah buat partai kita,” harap Ketua DPD PKS Langkat, Khairul Anwar.

Khairul yang memimpin langsung penyerahan DCS PKS untuk DPRD Langkat ditemui di kantor KPUD, Selasa (9/4), mengklaim sudah memenuhi seluruh persyaratan, termasuk keterwakilan kaum perempuan di setiap dapil. (mag-5/jok/btr/jie)

Berita terkait: