DP4 Langkat Capai 917.789

LANGKAT- Sebanyak 917.789 orang yang bersumber dari Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) menjadi jumlah awal pemilih Langkat sebelum dimutakhirkan menjadi Data Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Bupati dan Wakil Bupati periode 2014-2019 oleh KPUD.
Kumpulan data yang tersimpan pada kemasan cakram padat (compact disc/CD) itu diserahkan Bupati Langkat Ngogesa Sitepu kepada Ketua KPUD Margono Jumintoro di Pola Setdakab Langkat, Kamis (11/4).
Penyerahan turut disaksikan Kapolres Langkat AKBP L Eric Bhismo, Dandim 0203 Langkat Letkol (Inf) Tri Saktiyono, Asisten Adm Pemerintahan Abdul Karim, Kadis Dukpil Ruswin, dan para PPK dan KPPS di Kabupaten Langkat.

Ngogesa mengatakan penyerahan DP4 adalah tahapan penting dalam penyelenggaraan Pilkada pada pertengahan Oktober mendatang. ‘’Sebab DP4 ini yang akan dimutakhirkan oleh KPUD menjadi Data Pemilih Sementara (DPS) sampai akhirnya menjadi DPT,’’ ujar Ngogesa.

Karenanya, kata dia, Pemkab lewat Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil berupaya mempersiapkan DP4 secara akurat untuk memperbaiki kualitas penyelenggaraan Pilkada.
Jangan sampai DP4 menjadi ‘biang kerok’ tingginya angka golput karena banyak calon pemilih yang tak terdaftar.
Di sisi lain, Ruswin menegaskan DP4 yang diserahkan kepada KPUD diolah dari dari data base kependudukan hasil pelayanan harian pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil dengan metode statistik Lahir, Mati, Pindah dan Datang (LAMPIN).
‘’DP4 itu diolah dari data base berbasis Sistem Informasi Administrasi Kependudukan atau SIAK,’’ katanya. (jie)

Berita terkait: