Garuda Hubungkan Kota Besar di Sumatera

MEDAN-Garuda Indonesia ‘mengepakkan sayapnya’ dengan membuka rute penerbangan dari Medan ke kota-kota destinasi di Sumatera maupun kota-kota destinasi di regional seperti Singapura, Kuala Lumpur dan Penang.

Untuk memperluas jaringan penerbangan khususnya di domestik, dan sebagai bagian dari upaya meningkatkan layanan kepada pengguna jasa, Garuda Indonesia mulai Senin (15/4), membuka tiga rute penerbangan sekaligus dari Medan ke beberapa kota di Sumatera yaitu Medan-Batam (PP), Medan-Padang (PP), Medan-Palembang (PP) dan Padang-Pekanbaru (PP).

Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar melalui VP Corporate Communication, Pujobroto dan Sales & Marketing Manager Branch Office (BO) Medan Garuda Indonesia, Susan mengatakan, pembukaan beberapa rute dari Medan tersebut merupakan bagian dari rencana pengembangan Medan sebagai “Pusat Distribusi” (hub) keempat Garuda setelah Jakarta, Denpasar, dan Makassar untuk meningkatkan konektivitas di kawasan regional Indonesia bagian Barat.

Rute-rute penerbangan tersebut dilayani setiap hari dengan pesawat Bombardier CRJ1000 NextGen dengan kapasitas 96 kursi, terdiri dari 12 kursi di Kelas Eksekutif dan 84 kursi di Kelas Ekonomi.

Sejalan dengan pengembangan HUB Medan (penghubung ke bandara sekitar), ke depannya para pengguna jasa dari Batam, Padang, dan Palembang dapat meneruskan perjalanan dari Medan ke kota-kota destinasi internasional di kawasan seperti Singapura, Kuala Lumpur dan Penang, yang segera akan dibuka.

“Pengembangan Medan sebagai HUB Garuda Indonesia ke empat merupakan bagian dari program “Quantum Leap 2011- 2015” Garuda Indonesia, untuk meningkatkan konektivitas di regional Indonesia Barat. Untuk mendukung tumbuhnya bisnis, perdagangan dan wisata nasional, Garuda Indonesia terus menerus meningkatkan konektivitas di wilayah Indonesia Timur dan Barat melalui pembukaan HUB dan pengembangan jaringan penerbangan baru,” kata Emirsyah Satar.

Pengembangan HUB Medan dan pembukaan jaringan penerbangan baru ini juga, bentuk dukungan Garuda Indonesia terhadap program percepatan ekonomi nasional yang dicanangkan pemerintah melalui program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

Selain rute-rute tersebut, seiring kedatangan pesawat-pesawat baru, Garuda Indonesia akan membuka beberapa rute-rute baru di domestik dalam waktu dekat, antara lain; Batam-Pekanbaru dan Medan-Pekanbaru mulai 1 Mei; Jakarta-Bengkulu, Jakarta-Tanjung Pandan mulai 15 Mei; Surabaya-Denpasar mulai 19 Mei, dan rute internasional Medan-Penang mulai 1 Juni 2013 mendatang. Pembukaan rute tersebut menggunakan pesawat Bombardier CRJ1000 NextGen berkapasitas 96 kursi, terdiri dari 12 kursi di Kelas Eksekutif dan 84 kursi di Kelas Ekonomi.

Garuda Indonesia juga membuka rute Denpasar-Bandung dan Balikpapan-Denpasar mulai 18 Mei untuk meningkatkan bisnis dan pariwisata antar kota-kota tersebut dengan menggunakan pesawat Boeing 737-800 NG berkapasitas 156 kursi, terdiri dari 12 kursi di Kelas Eksekutif dan 144 kursi di Kelas Ekonomi. Melalui Denpasar para pengguna jasa dari bandung dan Balikpapan akan dapat meneruskan perjalanan ke kota-kota tujuan internasional lainnya di Australia, China, Jepang dan Korea.

Selain itu, untuk meningkatkan konektivitas antar HUB, Garuda akan mengembangkan  penerbangan antar HUB yang disebut “Hub Bypass” seperti Medan-Makassar, Medan-Denpasar, Medan-Surabaya. Tentunya rute-rute “hub bypass” tersebut akan semakin meningkatkan kenyamaman para pengguna jasa khususnya efiseinsi dalam waktu penerbangan karena tidak perlu lagi melakukan pindah pesawat (transfer) di Jakarta.(ila)

Berita terkait: