Demokrat dan PAN Sumut Serahkan DCS

Hasbullah dan Kamaluddin Maju ke DPR RI

DPD Demokrat Sumut dan PAN Sumut akhirnya menyerahkan Daftar Caleg Sementara (DCS) untuk tingkat Provinsi Sumatera Utara, Minggu (21/4). Kedua partai optimis mampu berbicara dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) mendatang.

PAN tercatat sebagai partai ketiga yang mendaftar sedangkan Demokrat berada diurutan keempat. Sebelumnya telah mendaftar PKS dan Golkar.

Ketua DPD Demokrat Sumut Tengku Milwan didampingi Sekretaris DPD Sumut Tahan Manahan Panggabean, Wakil Sekretaris Sopar Siburian, Wakil Sekretaris Internal DPD Sumut, Farianda Putra Sinik dan sejumlah pengurus DPD Demokrat lainnya dalam konfrensi persnya mengatakan, menargetkan meraih kursi minimal sebanyak periode sebelumnya.

“Target kita sebagai pemenang, persentase target minimal 27 kursi, maksimal, ya, lebih dari itu lah,” kata Milwan
Lebih lanjut, Milwan mengatakan dalam proses perekrutan DCS, awalnya Demokrat menerima sebanyak 178 calon dan yang mengembalikan formulir sebanyak 148 calon.

“Yang kami calonkan kader utama partai yang terbaik dan tokoh-tokoh masyarakat dari 12 Dapil di luar kader,” kata Tengku.

Ditanyakan apakah ada masalah selama proses mulai dari pendaftaran calon hingga penetapan DCS, Milwan menyatakan tidak ada masalah berarti dan berjalan sesuai harapan.

Sementara itu, disebutkan juga dari 27 anggota DPRD Sumut yang kini menjabat, sebanyak 24 orang kembali masuk dalam DCS Demokrat untuk DPRD Sumut dan dua orang naik menjadi calon DPR RI serta satu orang lagi tidak mendaftar kembali.

“Alhamdulilah kita daftarkan 24 orang, Hasbullah Hadi dan Listiawati ke DPR RI, dan Salomo Pardede tidak mencalonkan diri lagi,”katanya.

Disinggung apakah konflik yang selama ini terjadi ditubuh internal Demokrat akan berpengaruh pada Pileg mendatang, Milwan mengklaim itu tidak terjadi. Milwan menyampaikan bahwa Demokrat Sumut mengusung 32 orang perempuan dari 100 orang bacaleg.

“Di Sumatera Utara kita mulus-mulus saja dan Pak SBY sebagai ketua umum mengharapkan di seluruh partai diharapkan menang,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua DPW Sumut Syah Afandin dan Sekretaris DPW Sumut, Parluhutan Siregar didampingi sejumlah pengurus DPW PAN Sumut lainnya seperti Arifai Tambunan dan beberapa pengurus lainnya langsung menyerahkan DCS.

“Kita memenuhi 100 persen kuota sebagaimana yang ditetapkan KPU,” ujar Afandin dalam keterangan persnya kepada awak media.

Soal proses penetapan DCS, Afandi menerangkan bahwa PAN memiliki ketentuan dan acuan dari DPP PAN, dan dilaksanakan oleh Komisi Pemenangan Pemilu Wilayah (KPPW) dengan menentukan skoring dan melaksanakan Pleno. “Ada 11 kriteria persyaratan lah,”sebutnya.

Afandin juga menerangkan, dalam 100 DCS yang didaftarkan oleh DPW PAN sendiri ada sebanyak 11 orang caleg berasal dari partai lain yang tak lolos pemilu, di antaranya dari PBR, Barnas, PDP serta Pelopor. Sementara 7 orang anggota Dewan DPRD Sumut juga kembali mencalonkan diri, namun satu diantaranya naik ring menuju DPR RI, atas Kamaluddin Harahap.

Ia juga menyampaikan bahwa permasalahan mengenai penetapan caleg yang dilontarkan kemarin hanyalah dinamika ditubuh Partai Amanat Nasional Sumut. Pasalnya ia melihat permasalahan tersebut bukan karena adanya perpecahan, namun bagian dari proses demokrasi itu sendiri. Bahkan ia menilai gerakan yang muncul tersebut hanya gerakan segelintir orang yang tidak terakomodir.

“Tidaklah, itu bukan masalah yang cukup berarti karena itu hanya bagian dari dinamika yang ada di PAN sendiri,” ujarnya. (mag-5)

Berita terkait:

FEATURE