DCS PDIP Medan Ditolak

MEDAN-Penyerahan Daftar Calon Sementara (DCS) bakal calon legislatif untuk DPRD Medan dari DPC PDIP Kota Medan ditolak KPU. Pasalnya, berkas-berkas yang disyaratkan sesuai ketentuan KPU belum dilengkapi DPC PDI Perjuangan Kota Medan.

Beberapa pengurus DPC PDI Perjuangan sempat datang ke KPU Medan, di Jalan Kejaksaan, Medan, Minggu (21/4) sekitar pukul 15.30 WIB. Ketua DPC PDIP Medan Jhon Hendry Hutagalung sempat mengutarakan agar KPU Medan bisa menerima berkas yang mereka bawa. Namun, setelah dicek petugas penerima pendaftaran, beberapa berkas umumnya formulir pribadi bakal calon legislatif dilihat petugas tidak lengkap.

“Kalau hardcopy-nya memang belum lengkap. Tapi, semua data-datanya ada dalam disk (soft copy) ini. Besok kekurangan berkasnya akan menyusul,” ujar pengurus PDI Perjuangan Medan. Namun, alasan tersebut tidak diterima Ketua KPU Medan Evi Novida Ginting.

“Oh tidak bisa Pak, berkasnya harus lengkap, baru bisa kami terima,” kata Evi sembari menyarankan agar PDIP kembali datang hari ini Senin (22/4).

Komisioner KPU Medan Pandapotan Tamba yang juga turut menerima sempat meminta agar diperlihatkan berkas yang dibawa pengurus PDIPMedan. “Oke, untuk Dapil I, ada berapa berkas bakal calon yang saat ini dibawa?” tanya Tamba.

“Dari 11 bakal calon legislatif di Dapil I, hanya empat berkas yang ada, tapi di dalam soft copy sudah lengkap 11 berkas,” jawab seorang pengurus PDIP Medan yang memegang berkas.

“Oh, tidak bisa. Berkas yang diterima harus sama dengan berkas yang ada di dalam softcopy,” ujar Tamba.

Selanjutnya, Jhon Hendry Hutagalung langsung mengambil komando agar mengundurkan pendaftaran Senin pagi. Ia juga menyampaikan segera mengintruksikan kepada seluruh bacaleg yang akan diusung oleh PDIP agar segera melengkapi sehingga dapat dikumpulkan untuk mendaftar pada, Senin (22/4) pagi.

“Besok (hari ini, Red) saja kami datang lagi. Pagi-pagi kami sudah sampai di sini, besok pukul 09.00 kita sudah datang di sini” ujar Jhon. Mereka pun langsung bergegas pulang dengan membawa kembali berkas-berkas yang telah dibawa di dalam kardus. (mag-5)

Berita terkait:

FEATURE