Gedung Baru Tambah Daya Tampung Jadi Tiga Ribu Mahasiswa

Gebrakan Majukan Pendidikan Sumut

UMN Al-Washliyah memiliki sejarah panjang. Awalnya merupakan salah satu fakultas pada Universitas Al-Washliyah (Univa) Medan yakni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sejak tahun 1963.

PIMPINAN: Dari kiri I Prof Dr H Ahmad Laut Hasibuan MPd,  Drs H Kondar Siregar MA, Drs H Zuberuddin Siregar MM  Drs H Milhan MA.//DEDDI MULIA PURBA/SUMUT POS

PIMPINAN: Dari kiri I Prof Dr H Ahmad Laut Hasibuan MPd, Drs H Kondar Siregar MA, Drs H Zuberuddin Siregar MM dan Drs H Milhan MA.//DEDDI MULIA PURBA/SUMUT POS


SEIRING dengan pengembangan pendidikan, tahun 1981, FKIP Univa menjadi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Al-Washliyah Medan. Tahun 1983, STKIP Al-Washliyah Medan dikembangkan menjadi IKIP Al-Washliyah.

Pada tahun 1990 didirikan pula Akademi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (A-MIPA) Al-Washliyah. Lalu tahun 1996, IKIP Al-Washliyah dan A-MIPA Al Washliyah Medan digabungkan menjadi Universitas Muslim Nusantara. Terakhir tanggal 8 Februari 2002, nama UMN diubah menjadi Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al-Washliyah.

Selain mendidik sarjana, UMN sejak tahun 2008 dipercaya pemerintah membuka program pascasarjana untuk Pendidikan Bahasa Indonesia. Hingga kini UMN Al-Washliyah sudah memiliki enam fakultas.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) memiliki program studi (prodi) Bimbingan Konseling, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Ekonomi dan PG-PAUD.

Fakultas Natematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dengan prodi Farmasi, Fakultas Ekonomi dengan prodi Manajemen dan Akuntansi, Fakultas Pertanian dengan prodi Agribisnis, Fakultas Hukum dengan prodi Ilmu Hukum dan Fakultas Sastra dengan prodi Sastra Inggris.

Saat ini, UMN Al-Washliyah dipimpin Drs H Kondar Siregar MA selaku rektor periode 2011-2015.

Alumni S-1 FKIP Universitas Negeri Medan (1979), S-2 Master pada Universiti Utara Malaysia (2010) dan mahasiswa Doktoral pada Universiti Utara Malaysia ini didampingi tiga wakil rektor.

Wakil Rektor I Prof Dr H Ahmad Laut Hasibuan MPd merupakan alumni S-1 Pendidikan Bahasa Inggris Unimed, S-2 Pendidikan Bahasa Inggris UNM Malang dan S-3 Pengembangan Kurikulum UPI Bandung.

Sedangkan Wakil Rektor II Drs H Zuberuddin Siregar MM, alumni S-1 Pendidikan Ekonomi IKIP Yogyakarta dan S-2 Magister Manajemen USU dan mahasiswa doktoral Universiti Utara Malaysia. Wakil Rektor III Drs H Milhan MA merupakan alumni S-1 IAIN Medan dan S-2 McGill University Montreal Kanada.

Kondar Siregar mengutarakan pengembangan UMN Al-Washliyah yang terus digencarkan saat ini diharapkan dapat memberi andil dalam kemajuan pendidikan di Sumut.

‘’Hal ini seiring dengan visi dan misi UMN Al-Washliyah,’’ katanya.

Disebutkan rektor, UMN Al-Washliyah memiliki visi antara lian UMN Al-Washliyah merupakan wahana pendidikan yang sistematis dengan pola ilmiah.

Sedangkan misinya antara lain menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas tinggi yang menyiapkan sarjana, magister dan tenaga ahli profesional dari berbagai disiplin ilmu yang berjiwa islami.

Dalam menghasilkan lulusannya, Rektor menambahkan pihaknya berharap dapat dihasilkan alumni berkualitas akademis, profesional yang relevan dengan perkembangan tuntutan pembangunan masyarakat. Lulusan juga memiliki kemampuan meneliti yang optimal untuk kepentingan mutu akademik dan kehidupan masyarakat. (dmp)

Berita terkait: