SKPD Pemprovsu Didesak Kejar Anggaran di Kementerian

MEDAN- Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho menugaskan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk mengejar sejumlah program dari dana APBN. Diantaranya pembangunan nelayan dan penataan transportasi Medan, Binjai, Deliserdang dan Karo (Mebidangro).

“Hari ini (kemarin, Red) jadwal Sumatera Utara dalam pra Musrenbang Nasional di Jakarta, jadi saya sudah perintahkan masing-masing SKPD untuk mengejar sejumlah program di kementerian,” ujarnya ditemui di halaman Kantor Gubernur usai salat Dzuhur di Masjid Agung, Medan, Rabu (24/4).

Gatot menyebutkan, SKPD yang diutus dalam pra musrenbang sudah diutus untuk mengambil sejumlah program kementerian, seperti di Kementerian Perikanan dan Kelautan ada program pembangunan rumah nelayan.

Dia menyatakan, pembangunan rumah nelayan ini sangat sejalan dengan program Pemprovsu yang telah memberikan asuransi kepada para nelayan. Hal inilah perlu ditingkatkan agar para nelayan bisa lebih sejahtera.

“Jadi jadikanlah pra musrenbang ini menjadi media untuk meraih anggaran yang sudah diprogramkan kementerian di Pemerintah Pusat,” ucapnya.

Dia menambahkan, ada program lainnya terkait Mebidang-RO khususnya mengenai transportasi. Seperti Dinas Perhubungan sudah ditugaskan untuk mengejar anggaran terkait studi transportasi Mebidang-RO untuk dimasukkan dalam P-APBD 2013, sehingga pada APBD tahun 2014 bisa dilaksanakan aksi untuk pembangunan transportasi Mebidang-RO.

Hal lainnya, terkait dengan penataan tata ruang dan tata wilayah. Gatot menyebutkan, ada anggaran untuk pemetaan ruang dan wilayah di Kementerian Kehutanan. Program tersebut sangat perlu untuk di Sumut agar penataan dan pembagian wilayah bisa tertata dengan baik. (ril)

Berita terkait:

FEATURE