Parpol Coret Caleg Ganda

JAKARTA- Jumlah caleg ganda dalam daftar calon sementara (DCS) DPR yang akhirnya ketahuan terus bertambah. Sebagai salah satu partai yang banyak memiliki caleg ganda, PKB menyatakan siap mengambil langkah tegas.

Caleg ganda adalah mereka yang namanya muncul lebih dari sekali dalam DCS satu partai maupun lintas partai. “Kami akan coret langsung kalau ternyata terbukti yang bersangkutan sengaja maju di dua partai,” ujar Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) DPP PKB Syaifullah Ma’shum saat dihubungi kemarin (26/4).

Menurut dia, sikap tegas partainya itu didasarkan kepada prinsip di UU bahwa seorang caleg secara tegas dilarang maju di dua dapil berbeda atau dua partai berbeda. “Itu namanya mereka berspekulasi. Kami akan tegas terhadap yang begini ini,” imbuhnya.

Hanya, tambah dia, tidak semua caleg ganda ternyata sengaja maju dari dua partai. Dia mencontohkan, caleg partainya yang maju dari dapil Jatim IX nomor urut 4 Ady Muzadi. Di Partai Nasdem, nama kerabat mantan Ketua Umum PB NU Hasyim Muzadi tersebut juga muncul. Dia ditempatkan di dapil Jatim IX dengan nomor urut 2.   (gir/jpnn)

Berita terkait:

FEATURE