Logo Baru, Semangat Baru

JAKARTA-Menyambut ulang tahunnya yang ke 24 tahun, PT Federal Internasional Finance (FIF) meluncurkan nama dan logo baru. Acara peluncuran itu dilakukan di Hotel Pullman, Central Park, Jakarta, Kamis (2/5).

Presiden Direktur FIF sekaligus CEO FIFGROUP Suhartono mengatakan, peluncuran nama dan logo baru itu merupakan strategi transformasi bisnis PT FIF yang sudah dimulai sejak tahun 2010 lalu ke arah yang lebih baik di segala elemen perusahaan.  Salah satu strategi transformasi bisnis tersebut adalah rebranding, yakni mengubah citra FIF baik dari luar maupun dalam untuk mendukung bisnis FIF yang semakin berkembang.

Memantapkan proses transformasi yang dijalankan, FIFGROUP kini menjadi grup manajemen beberapa perusahaan. Bisnis FIFGROUP yang bergerak di industri pembiayaan sepeda motor sekarang bernama FIFASTRA. Sementara untuk pembiayaan elektronik serta perabot rumah tangga tetap bernama SPEKTRA.

Logo baru FIFGROUP, FIFASTRA, dan SPEKTRA ini diadaptasi dari bentuk sidik jari.  Bentuk logo ini merepresentasikan tiga hal utama. Komitmen, menggambarkan komitmen tertinggi dari FIFGROUP  terhadap setiap karyawan, pelanggan dan mitranya.

Lalu, fokus pada pelanggan yang menempatkan pelanggan sebagai prioritas utama dalam bisnis FIFGROUP. “Yang ketiga adalah Kustomisasi di mana kami selalu berusaha untuk dapat menyesuaikan produk dan jasa sesuai dengan kebutuhan yang beragam dari setiap pelanggan,” kata Suhartono.

Selain itu, warna biru gradasi pada logo FIFGROUP melambangkan bahwa FIFGROUP adalah bagian dari Astra International. Dan warna merah gradasi pada logo FIFASTRA dan SPEKTRA adalah cerminan warna logo sebelumnya. “Kesamaan bentuk logo dan perbedaan warna ini adalah untuk menandakan bahwa walaupun unit bisnis berbeda-beda, namun tetap ada dalam satu entitas FIFGROUP sebagai induk,” kata pria asal Semarang, Jawa Tengah itu.

“Saya beserta jajaran manajemen dan seluruh karyawan FIFGROUP mengucapkan rasa syukur atas kinerja yang telah kami peroleh. Kami berharap kehadiran FIFGROUP selama 24 tahun ini dapat memberikan kontribusi dan manfaat kepada seluruh masyarakat Indonesia. Perubahan citra baru ini kami lakukan untuk mewujudkan misi FIFGROUP yaitu membawa kehidupan yang lebih baik untuk masyarakat,” harap Suhartono yang kemarin didampingi jajaran direksi FIF.

Selain itu, Suhartono juga berharap kehadiran FIFGROUP akan selalu memberikan solusi tepat dan berkualitas bagi kebutuhan pembiayaan masyarakat Indonesia. “Kami berharap FIFGROUP terus menjadi pilihan bijak masyarakat khususnya untuk pembiayaan. Sehingga visi perusahaan untuk menjadi pemimpin industri yang dikagumi dan dicintai secara nasional bisa benar-benar tercapai,” jelas Suhartono.

PT Federal International Finance yang mulai beroperasi pada tanggal 1 Mei 1989 ini berhasil membukukan pembiayaan selama tahun 2012 sebesar Rp 18 Triliun. Hal ini menandakan bahwa meski pada tahun 2012 banyak terjadi berbagai perubahan seperti pemberlakuan kebijakan batasan minimal uang muka untuk kredit motor, namun FIFGROUP tetap berhasil mencatatkan kinerja yang optimal.

FIFGROUP berhasil membukukan pembiayaan sebesar Rp 4,5 triliun hingga Maret 2013 ini. Anak perusahaan dari PT Astra International Tbk itu membiayai 297.632 unit sepeda motor baru atau setara dengan Rp 3, 4 triliun. Sementara untuk pembiayaan sepeda motor seken FIFGROUP menyalurkan pembiayaan senilai Rp 720 miliar dengan jumlah unit sepeda motor bekas sebanyak 112.565 unit. Sedangkan untuk pembiayaan elektronik atau yang lebih dikenal dengan Spektra, berhasil membukukan pembiayaan senilai Rp 296 miliar.

“Meski kita semua tahu bahwa dampak dari penerapan uang muka minimal masih sangat terasa namun kami tetap bersyukur atas hasil yang telah kami capai. Melalui beragam program dan service yang diberikan untuk konsumen sangat menopang FIFGROUP sebagai pemain mayoritas di industri pembiayaan sepeda motor,” katanya.

Selain fokus pada bisnis pembiayaan, FIFGROUP memiliki serangkaian kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang bertujuan membawa masyarakat Indonesia ke era Better Life, Better Future. Kegiatan CSR FIFGROUP meliputi 4 pilar utama diantaranya, yaitu bdang pendidikan, bidang pemberdayaan ekonomi masyarakat, kesehatan, dan lingkungan.

“Seluruh kegiatan CSR FIFGROUP ini secara rutin dilakukan di seluruh kantor cabang di seluruh Indonesia. Salah satu dari kegiatan CSR FIFGROUP di hari ulang tahunnya yang ke-24 tahun adalah donasi SIDIK JARI UNTUK NEGERI. Setiap klik donasi melalui akun Facebook FIFCLUB ini berarti FIF telah menyumbangkan Rp.2400,” katanya.

Melalui program sosial ini, Presiden Direktur FIFGROUP memberikan bantuan dana sebesar Rp 100.860.000,- kepada Cahaya Guru dan Mitra Netra untuk dibelikan buku bacaan berkualitas bagi anak sekolah di daerah perbatasan dan buku bacaan braille bagi tunanetra. Hal ini terus dilakukan sebagai upaya perwujudan dari Catur Dharma Astra, menjadi aset yang bermanfaat bagi bangsa.

“Bersama FIFGROUP, masyarakat Indonesia akan kami bawa menuju era Better Life, Better Future. Sebab FIFGROUP mendukung terciptanya kehidupan dan masa depan yang lebih baik dengan memberikan solusi yang berkualitas bagi setiap individu dalam menggapai impiannya,” katanya.

Berita terkait:

FEATURE