Kejuaraan Supermoto 2013

Ajang Pertarungan Pembalap Andal Sumut

Kejuaraan Supermoto 2013 bakal digelar di Sirkuit Mutifungsi IMI Sumut Jalan Pancing Medan, Minggu (12/5) mendatang. Even yang pertama kali digelar di Sumut ini akan menjadi ajang pertarungan pembalap andal Sumut, bahkan kejuaraan ini bakal diikuti kroser Nasional asal Sulawesi Utara Andre Sondakh.

Klub-klub balap motor yang ada di Sumut, seperti XTrim Indonesia, Husqvarna maupun klub CV Fajar Dolpa sudah memastikan akan menurunkan pembalap andalnya dalam kejuaraan yang diselenggarakan Ambarwulan Club Indonesia (ACI) ini.

“Kejuaraan ini akan dihadiri pengurus PP IMI Pusat untuk memantau, sebab even ini bukan hanya pertama di Sumut tapi juga pertama di Pulau Sumatera,” tutur Pemilik ACI, Mulya Nasution, Kamis (9/5).

Mulya menambahkan, kejuaraan ini mendapat dukungan dari Ketua Umum XTrim Indonesia Musa Idishah (Dodi), dan XTrim akan menurunkan banyak pembalapnya. Bahkan, karena banyaknya pembalap XTrim yang akan tampil, peserta pada kelas supermoto trail FFA dan kelas-kelas executive 35-45 tahun ke atas akan dibatasi pesertanya untuk umum. “Ambarwulan berterima kasih kepada XTrim karena banyaknya pembalap yang akan diturunkan sehingga khusus pada kelas executive peserta dari kalangan umum terpaksa dibatasi,” jelas Mulya, peraih Haornas 2013 untuk penggerak otomotif.

Sementara, Tim Husqvarna binaan Dicky Arena juga akan menurunkan kroser Nasional Andre Sondakh, serta mantan-mantan pembalap seperti Bambang Raharjo, Ilham Rajali dan Arry H. Tim Husqvarna juga mendukung kejuaraan ini dengan menampilkan demonstrasi freestyle dengan freestyler asal Jawa. Tim andal CV Fajar Dolpa dari Labuhanbatu Utara (Labura) binaan Hendrik Sitorus sudah memastikan keikutsertaannya.

Mulya menyebutkan, pula mengenai peraturan lomba seusai arahan dari Ketua Pengprov IMI Sumut agar peserta menghidupkan spul dan lampu depan, sedangkan mengenai mesin dan ban bebas.

Mulya mengatakan, dengan digelarnya kejuaraan supermoto pertama di provinsi ini antara lain bertujuan untuk menjadikan sirkuit IMI Sumut di Jalan Pancing benar-benar menjadi sirkuit multifungsi dan ke depannya bisa menggelar berbagai even balap. “Dengan bervariasinya kejuaraan di sirkuit multifungsi, generasi muda di daerah ini dapat terhindar dari balap liar dan Narkoba,” jelas Mulya yang juga pengurus IMI Sumut.

Kejuaraan ini sesusai dengan program Ketua Pengprov IMI Sumut yang digelar dalam lima seri, dan di tiap serinya menyediakan total hadiah Rp40 juta dan dua unit sepeda motor bagi juara umum keseluruhan seri.

Pendaftaran dapat dilakukan di Jalan Pencak No 10 A Medan, dan bakal ditutup hari ini (10/5). Sedangkan kelas yang diperlombakan, yakni Supermoto SE FFA, Super Moto Trail FFA, Supermoto Trail Executive 45 tahun ke atas, Trail FFA Executive MP (mantan pembalap) 35 tahun ke atas, Trail FFA Executive HP (hobi pembalap) 35 tahun ke atas, Supermoto Bebek 4 Tak, Supermoto Bebek FFA, dan Supermoto FFA. (ije)

Berita terkait: