Demi Keamanan, Warga Bangun Poskamling

MEDAN DELI-Warga Jalan Platina IV Lingkungan 10 Kelurahan Titipapan Kecamatan Medan Deli, ramai-ramai membangunan pos keamanan lingkungan (Poskamling).  Selain guna menjaga keamanan dan kondusifitas lingkungan, pembangunan Poskamling dengan melibatkan relawan Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) kota Medan, ini juga dimaksudkan untuk lebih mempererat hubungan antar warga, Minggu (12/5) kemarin.

Amatan Sumut Pos, warga bersama tim relawan Gafatar dipimpin Lurah Titipapan H Thamrin Lubis, terlihat saling bahu membahu membangun Poskamling dengan dana pembangunan dilakukan secara swadaya. Selain itu, warga juga membersihkan saluran drainase, membangun sarana olahraga dan mengukuhkan 16 nama gang terdapat di lima lingkungan yakni, Lingkungan 7, 8, 9, 10 dan 11.

Lurah Titipapan Kecamatan Medan Deli H Thamrin Lubis mengatakan, dirinya sangat bangga dengan prakarsa masyarakat, untuk memelihara keamanan dan ketertiban dengan pembangunan Poskamling.”Ini murni swadaya dari masyarakat bersama ormas Gafatar dan mereka sendiri yang berperan penting dalam pembangunan poskamling,” ujar Thamrin.

Keberadaan Poskamling, lanjutnya, juga dimaksudkan untuk semakin memperkuat dan membangun budaya komunikasi serta kebersamaan di kalangan warga.”Praktisnya untuk menyemarakkan lingkungan agar tidak sepi, sebab kalau ada tempat seperti ini kita bisa kumpul bareng dan ketemu tetangga,” katanya.

Sementara, Wakil Ketua DPK Gafatar Medan, Sucipto mengungkapkan, pembangunan poskamling dan membersihkan lingkungan tersebut merupakan bagian keamanan serta kebersihan lingkungan, yang merupakan salah satu unsur penting untuk menciptakan kenyamanan di kawasan permukiman. “Kegiatan ini guna mengembalikan budaya saling gotong royong, kegiatan ini akan terus dilakukan secara berkesinambungan untuk mewujudkan lingkungan bersih dan nyaman,” ungkap Sucipto disela-sela bakti sosial tersebut.(rul)

Berita terkait:

FEATURE