Akhirnya, Pengurus PAN Pusat Tuntaskan Isu Pencopotan Ondim

Sepekan terakhir berputar isu soal pencopotan Ketua DPW PAN Sumut, Syah Afandin alias Ondim kepada ketua sementara yang ditunjuk pengurus pusat di Jakarta. Isu pencopotan adik kandung mantan Gubsu Syamsul Arifin itu mentah setelah DPP PAN mengumpulkan para pengurus PAN Sumut dan PAN kabupaten/kota di Jakarta.
WAKIL Ketua DPW PAN Sumut Aripay Tambunan mengatakan isu pencopotan Syah Afandin dari jabatannya sebagai Ketua DPW PAN Sumut adalah kabar sumir dan tak bisa dipertanggungjawabkan.

“Berita di media yang menyebutkan Ondim IKLAN diberhentikan adalah tidak benar. Jadi banyaknya SMS gelap soal itu tak perlu ditanggapi secara berlebihan,” kata Aripay, kemarin.

Menurut Aripay, isu pencopotan itu amat menyesatkan saat PAN membangun konsolidasi internal untuk memenangkan Hatta Rajasa pada Pilpres 2014. Kabar itu juga disebutkan amat merugikan DPW PAN Sumut yang sedang berjuang keras untuk mencapai target suara dua digit pada Pemilu 2014.

Ditekankan pula, spekulasi pencopotan Ondim dari kursi ketua seyogianya dihentikan mengingat para pengurus PAN Sumut dan pengurus PAN di 28 kabupaten/kota di Sumut sudah mendengarkan penjelasan dari Sekjen DPP PAN Taufik Kurniawan dan Koordinator PAN wilayah Sumut Mulfachri Harahap di kantor DPP PAN Jalan TB.Simatupang, Jakarta Selatan, Jumat (10/5) lalu.

“Setelah kami klarifikasi ke DPP PAN, isu pergantian itu tak benar.

Pihak DPP mengimbau seluruh pengurus DPW PAN Sumut dan DPD PAN di kabupaten/ kota harus solid memenangkan hati rakyat,” kata Aripay.

Ketua DPD PAN Medan, Ahmad Arif mengaku pengurus DPD PAN Kota Medan tak ikut menemui DPP PAN pada pertemuan tersebut.

Begitupun, dia membantah ketidaksertaan itu adalah sinyal yang menginginkan adanya restrukturisasi DPW PAN Sumut. Arif mengaku mendukung sepenuhnya keputusan DPP PAN, terlebih setelah DPW dan 28 DPD PAN terbang ke Jakarta mempertanyakan isu tersebut.

“Memang pengurus DPD PAN Kota Medan tak ikut ke Jakarta, tapi bukan berarti kami melawan keputusan DPP PAN,’’ ujarnya.

Arif menegaskan evaluasi kinerja DPW PAN Sumut bukan lingkup kewenangan DPD PAN Kota Medan. Apalagi bila itu menyangkut penilaian kinerja.

“Wah, Itu ranahnya DPW PAN Sumut. Tanya saja kepada DPP, kan ada Kamal atau Mulfachri yang berhak menjawab,’’ katanya saat dipancing Sumut Pos terkait ketidakpuasan kader atas kinerja DPW PAN Sumut di bawah kepemimpinan Ondim. (mag-5)

Berita terkait: