PSV Eindhoven Cocu Datang, Van Bommel Pensiun

PSV Eindhoven resmi menunjuk mantan pemainnya untuk menjadi manajer baru mereka. Mantan pemain yang dimaksud itu adalah Phillip Cocu.

Cocu bukanlah orang asing untuk PSV ataupun sepak bola Belanda. Dia pernah memperkuat PSV dari kurun waktu 1995 hingga 1998, sebelum akhirnya pindah ke Barcelona. Pada 2004, dia kembali ke PSV, bermain selama tiga tahun dan mengakhiri karirnya di Eropa.

Pria berusia 42 tahun itu juga menjadi salah satu gelandang langganan timnas Belanda pada pertengahan 90-an sampai 2006. Dia disebut-sebut sebagai salah satu gelandang Belanda yang memiliki visi bagus dan kemampuan passing di atas rata-rata.

Seperti diberitakan Volkskrant, Cocu, yang sebelumnya pernah menjadi caretaker PSV di penghujung musim 2011/2012, mendapatkan kontrak selama empat tahun. Dia akan dibantu oleh Ernest Faber dan Chris van Weerden sebagai asisten. Sama seperti Cocu, Faber dan van Weer den juga merupakan mantan pemain PSV.

“Kami melakukan investasi pada para pemain muda. Kami butuh keterlibatan para mantan pemain dan ingin mendapatkan gaya bermain yang menjadi ciri kami sendiri,” ujar CEO Justin Sanders. Langkah PSV serupa dengan yang dilakukan Ajax Amsterdam. Ajax kini dilatih oleh Frank de Boer dengan Dennis Bergkamp sebagai asistennya.

Selain De Boer dan Bergkamp ada beberapa mantan pemain Ajax yang juga masuk dalam jajaran petinggi klub, contohnya yakni Marc Overmars dan Edwin van der Sar.

Di sisi lain, kapten PSV, Mark van Bommel, memutuskan untuk menyudahi karirnya sebagai pesepakbola. Laga terakhir Liga Belanda musim ini saat PSV menghadapi Twente menjadi laga pamungkasnya.

Setelah 21 tahun menjadi pesepakbola, Van Bommel akhirnya memutuskan gantung sepatu di usia 36 tahun usai menyelesaikan musim 2012-2013 bersama PSV. Tapi, akhir kariernya itu ditutup dengan kurang manis.

Dalam laga terakhir Van Bommel, PSV menelan kekalahan 1-3 saat melawat ke kandang Twente, Minggu (12/5) lalu. Kekalahan itu terasa makin pahit karena dia juga harus meninggalkan lapangan lebih awal sebab mendapatkan kartu kuning kedua di menit 71.”Sudah berakhir, karir saya sebagai pesepakbola sudah berakhir. Sungguh memalukan bahwa karir saya diakhiri dengan kartu merah. Tapi itu merangkum musim yang sangat sulit yang telah dilewati seluruh tim,” ungkap Van Bommmel seperti dilansir Skysports.

“Meskipun saya masih merasa dalam kondisi bagus, saya harus banyak berusaha untuk terus bugar. Saya ingin membuat keputusan pensiun sesuai dengan kemauan saya,” tambahnya.

Selain PSV, Van Bommel pernah memperkuat klub-klub besar Eropa seperti Barcelona, Bayern Munchen, dan juga AC Milan. Dia pernah merasakan menjadi juara di empat liga negara berbeda yaitu Belanda, Spanyol, Italia, dan Jerman.

Van Bommel juga pernah meraih trofi Liga Champions saat memperkuat Barca di musim 2005-2006. (bbs)

Berita terkait:

FEATURE