Santo Thomas 1 Cup 2013

20 Sekolah Siap Berlaga

MEDAN-Sebanyak 20 tim Futsal sekolah bertarung di ajang Santo Thomas 1 (Stosa) Cup 2013 di Lapangan Futsal SMA Santo Thomas 1 Jalan Letjen S Parman Medan, mulai 15-18 Mei mendatang. Turnamen dengan sistem gugur ini memperebutkan total hadiah Rp7 juta.

Adapun 20 tim Futsal sekolah tersebut, yakni SMA Santo Thomas 1 A, SMA Santo Thomas 1 B, SMA Cahaya, SMA Djuwita, SMA Negeri 1, SMA Negeri 4, SMA Negeri 14, SMA Methodist 1, SMA Methodist 2, SMA Methodist 7, SMA Yapim, SMA Yapim Seirotan, SMA Imannuel, SMA Santo Thomas 2, SMA Santo Thomas 3, SMK Dr Syahrir, SMK Harapan Mandiri, SMA Budi Murni 1, SMA Dharmawangsa, dan SMA Mulia Pratama.

Kepala SMA Santo Thomas 1, Fr Antonius B Ditubun, mengatakan, kegiatan Stosa Cup ini merupakan program rutin pihaknya yang digelar OSIS. “Tujuannya sangat positif, karena ini merupakan kreativitas siswa dalam mengimplementasikan ekstra kurikuler. Jadi mereka tidak hanya mendapatkan ilmu pengetahuan di sekolah, tapi juga keterampilan,” tuturnya.

Selain itu kegiatan ini positif untuk menghindarkan siswa dari kegiatan-kegiatan yang dapat merusak mentalitas seperti Narkoba dan kekerasan. “Intinya cukup banyak kegiatan yang mau mengajak mereka terhindar dari kegiatan negatif. Ini sudah diprogramkan dan guru yang mendampingi sesuai bidangnya,” jelas Antonius.

Sementara itu guru olahraga SMA Santo Thomas 1, Lukman Panjaitan, yang juga pelatih mengatakan, tim Futsal Santo Thomas 1 sudah cukup eksis di Medan dan mengikuti setiap turnamen. Tidak hanya itu, mereka juga aktif dengan menggelar turnamen rutin. “Kami sudah eksis dan sudah beberapa kali merebut gelar juara. Termasuk melaju ke final kejuaraan Futsal Nasional Futsalismo beberapa tahun lalu,” ungkapnya.

Pada laga perdana, tuan rumah Santo Thomas 1 mencatat hasil positif dengan kemenangan telak 9-0 atas SMA Djuwita.

Diawali gol Barus, Santo Thomas 1 tak terlalu menda-pat perlawanan berarti dari Vincent dkk. Gol dari Rizki dan dua gol JB membuat Santo Thomas 1 unggul 4-0 di babak pertama.

Di babak kedua, Riski mencetak gol keduanya sekaligus gol kelima Santo Thomas 1 di gawang Djuwita. Berikutnya JB melengkapi hat-trick-nya diikuti dua gol Christian dan satu gol Sitompul. Kemenangan itu memaksa Djuwita pulang lebih awal. (don)

Berita terkait: