dr Sofyan Tan Hadiri Wisuda Angkatan XXI SMK Sultan Iskandar Muda

Berkompeten dan Peduli Lingkungan

Ketua Dewan Pembina Yayasan Perguruan (YP) Sultan Iskandar Muda dr Sofyan Tan menghadiri acara wisuda SMK Sultan Iskandar Muda di Jalan T Amir Hamzah Lingkungan XI Pekan I Sunggal Medan, Sabtu (19/5).
WISUDA ini juga dihadiri Kasi Kurikulum dan Kesiswaan SMK Dinas Pendidikan Medan Drs H Zulhanif MM, Ketua YP Sultan Iskandar Muda Fiche SE MPsi, pimpinan perusahaan mitra SMK Sultan Iskandar Muda, orangtua siswa dan undangan lain.

Dalam wisuda yang mengangkat tema ‘Mewujudkan lulusan berkompeten dan peduli lingkungan hidup ini berlangsung penuh haru. Wisuda juga menampilkan berbagai atraksi kesenian yang ditampilkan siswa SMK Sultan Iskandar Muda. Ada tarian, nyanyian dan musik angklung yang menambah semarak wisuda tersebut.

Dalam pengarahannya, Ketua Dewan Pembina Yayasan Perguruan (YP) Sultan Iskandar Muda dr Sofyan Tan mengungkapkan rasa bangga terhadap SMK Sultan Iskandar Muda yang telah menghasilkan lulusan dalam 21 angkatan dengan jumlah alumni 1.029 orang termasuk lulusan angkatan terakhir yang berjumlah 112 alumni.

Memeriahkan ulang tahun ke-25 YP Sultan Iskandar Muda pada 25 Agustus 2013, Sofyan akan mengumpulkan 3.335 alumni SMK dan SMA Sultan Iskandar Muda dalam acara reuni akbar. Ia menyebut alumni merupakan suatu jaringan atau networking yang akan banyak memberi manfaat dalam pengembangan YP Sultan Iskandar Muda.

Melalui reuni akbar ini, lanjut tokoh pendidikan Sumut, akan dimiliki database lengkap mengenai para alumni.

Ia berharap wadah alumni yang dikelola secara profesional. Alumni yang sudah sukses dapat membantu alumni yang belum bekerja. Dukungan para alumni juga dibutuhkan agar sesama alumni dan keluarga besar YP Sultan Iskandar Muda dapat semakin sukses meraih impian sehingga alumni bisa menjadi wali kota, gubernur, menteri hingga presiden.

Sebagai pendiri YP Sultan Iskandar Muda, Sofyan menginginkan sekolah binaannya dapat terus berkembangan menghasilkan lulusan berkualitas hingga ribuan tahun ke depan dibawah pengelolaan para alumni YP Sultan Iskandar Muda.

Untuk mendukung ini, ketua Dewan Pembina YP Sultan Iskandar Muda ini membikin program Sofyan Tan Schoolarship dimana sudah terkumpul dana Rp.200 juta. Dana ini akan diberikan pada tiga alumni terbaik YP Sultan Iskandar Muda untuk melanjutkan jenjang pendidikan kedokteran, pendidikan keguruan dan pendidikan umum.

Nantinya, lanjut Sofyan, tiga alumni terbaik selain mendapat uang kuliah juga akan diberikan uang buku, biaya hidup dan jaminan mendapatkan pekerjaan. Ia berharap satu dari tiga calon penerima bantuan ini dapat berasal dari siswa SMK Sultan Iskandar Muda berprestasi.

Sofyan Tan juga sedang mempersiapkan program pertukaran pelajar YP Sultan Iskandar Muda ke Italia, Swiss dan Inggris. Hal ini, harap Ketua Dewan Pembina, agar lulusan YP Sultan Iskandar Muda juga dapat dikenal hingga ke manca negara.

Kepala SMK Sultan Iskandar Muda Boimin Pama SPd menambahkan, visi SMK Sultan Iskandar Muda memiliki visi menjadi lembaga diklat profesional untuk menyiapkan tenaga kerja terampil tingkat menengah, siap kerja mandiri, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta memiliki iman dan taqwa dalam era globalisasi.

Boimin juga memberi prioritas pada kesenian dimana dijadikan sebagai salah satu mata pelajaran bagi siswa SMK Sultan Iskandar Muda. Tak heran sekolah dengan dua bidang keahlian yakni Akutansi dan Multimedia ini banyak memiliki bakat kesenian yang dibina antara lain melalui kelompok Cheerleade, band, paduan suara, angklung dan tari.

Disamping itu, lanjut dia, dikembangkan ekstrakurikuler lain berupa Pramuka, Paskhibraka, Palang Merah Remaja, Radio Komunitas Sultan Iskandar Muda, sains club, cyber club, life skill (kewirausahaan), futsal, bolabasket, tenis meja, anggar dan Majalah Simpul Siswa.

Boimin berterima kasih atas dukungan dr Sofyan Tan bersama pengurus YP Sultan Iskandar Muda, orangtua siswa dan msyarakat. Ia mengatakan, lulusan SMK Sultan Iskandar Muda dapat menghasilkan lulusan berkompeten dan peduli lingkungan hidup. ‘’Karenanya saat wisuda ini, alumni memberi 114 bunga buat menambah penghijuan sekolah agar semakin sejuk,’’ katanya.

Atas kiprah YP Sultan Iskandar Muda ini, Kasi Kurikulum dan Kesiswaan SMK Dinas Pendidikan Medan Drs H Zulhanif MM mengungkap rasa bangga dan apresiasi dalam bidang pendidikan di Sumut. Apalagi, kata Zulhanif, lulusan SMK Sultan Iskandar Muda banyak yang telah bekerja. Ia berjanji, pihaknya akan terus memberikan dukungan agar anak didik dapat segera bekerja atau kuliah untuk meraih gerbang kesuksesan.

Dukungan serupa juga disampaikan orangtua siswi SMK Sultan Iskandar Muda. Diwakili orangtua Agnes, para orangtua memberi dukungan dan masukan terhadap pengembangan pendidikan sekolah. Bahkan ia sempat merinci sejumlah karakteristik guru pembimbing di SMK Sultan Iskandar Muda dari rangkuman pembicaraan dengan sejumlah siswa disana. (dmp)

Berita terkait:

FEATURE

DBL Indonesia North Sumatera Series
PLN Bottom Bar