Peminat SBMPTN Masih Sepi

MEDAN- Pembukaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) telah resmi 13 Mei lalu. Namun sepekan telah berlalu, hingga kini pendaftar masih bisa terbilang sepi.

Hingga siang kemarin pukul 14.00 tercatat baru 1.456 pendaftar di SBMPTN USU, dengan rincian Saintek (IPSA) 632, Soshum (IPS) 480, serta Campuran (IPC) 344.

Siswa saat ini masih menunggu pengumuman SNMPTN, ” ujar Koordinator TIK, Ihasan Siregar kepada Sumut Pos saat ditemui di kantor sekretariat Panlok SBMPTN USU, Senin (20/5).

Sebelum mendaftar SBMPTN, siswa terlebih dahulu harus mengetahui apakah dirinya lulus atau tidak pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), yang akan diumukan pada 28 Mei mendatang.

Minggu pertama masih sedikit, setelahnya bertambah sedikit lagi, hingga akhirnya sampai pada pengumuman kelulusan UN, dan mendekati penutupan sistemnya sedikit bermasalah karena terlalu banyak yang mendaftar,” lanjutnya.

Kondisi saat ini masih biasa terjadi, seharusnya para siswa memanfaatkan situasi saat ini untuk mendaftar karena akan lebih memudahkan, dari pada disaat masa akhir penutupan pendaftaran.

Sebelumnya Ketua Panitia Lokal (Panlok) USU Medan Prof Zulkifli Nasution, mengatakan daya tampung keseluruhan sebanyak 11.000 kursi. Terdiri dari 8.000 untuk program sarjana dan sekitar 3.000 untuk diploma. Untuk program sarjana itu terbagi dalam tiga jalur seleksi yakni melalui jalur undangan, ujian tulis reguler, dan mandiri.

Sementara itu jumlah pendaftar untuk SBMPTN di Universitas Negeri Medan (Unimed) pertanggal 20 Mei, masih lebih sedikit yakni berjumlah 896 dengan rincian Saintek 189, Soshum 484, serta Campuran 223.

Untuk jadwal pendaftaran SMBPTN akan dibuka hingga 7 Juni 2013 dengan cara membuka laman http://ujian.sbmptn.or.id. Namun terlebih dahulu calon peserta melakukan pembayaran biaya ujian melalui Loket Bank Mitra Yakni Bank Mandiri. (mag-8)

Berita terkait:

FEATURE

DBL Indonesia North Sumatera Series
PLN Bottom Bar