Kerja Sama Bank Mandiri-Sumut Pos

Komitmen Lahirkan Wirausahawan Muda

MEDAN- Bersama Batam Pos dan Bank Mandiri, Sumut Pos terus mengembangkan program training Entrepreneur kepada para generasi muda. Kali ini dengan mengusung nama Entrepreneurship Goes To School akan melibatkan pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Guru kota Medan dan Batam. Kegiatan ini adalah program kerja Sumut Pos dan Batam Pos yang bertujuan untuk mendidik pelajar untuk menjadi wirausaha muda yang mampu mengembangkan kemampuannya sendiri. Pada akhirnya, dimaksudkan dapat mengurangi jumlah pengangguran.

“Jika edukasi dan sosialisasi kewirausahaan diberikan sejak dini, diharapkan para siswa termotivasi berwirausaha dan setelah lulus SMA. Sehingga dapat melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi sambil berwirausaha. Jika tidak melanjut, dapat membuka usaha senidiri tanpa jadi beban orangtua,” ujar General Manager Sumut Pos Entrepreneur, Rudi Anton Sidabutar, Rabu (29/5).

Program Entrepreneurship Goes To School yang ditularkan dari Batam Pos ini adalah yang pertama dilaksanakan di Sumut Pos. “Rencananya, kita akan melibatkan 200 pelajar di Medan, begitu juga di Batam. Rangkaian kegiatannya juga nantinya kita isi dengan seminar, workshop, pelatihan dan lainnya,” katanya.

Sumut Pos Entrepreneur mengajak Bank Mandiri yang juga memiliki kegiatan menumbuhkan jiwa kewirausahaan di kalangan generasi muda. “Kebetulan Bank Mandiri punya program sama, fokus dalam program Wirausaha Muda, sehingga Bank Mandiri bersiap membantu kegiatan ini,” ujarnya.

Kepala Kantor Wilayah I Bank Mandiri Medan, Sugeng Hariadi membenarkan hal tersebut. Dikatakannya, saat ini Bank Mandiri bersama dengan Batam Pos dan Sumut Pos Entrepreneur School mulai memasuki program Wirausaha Muda untuk kalangan pelajar tingkat SLTA dan para Guru melalui program yang disebut dengan Entrepreneurship Goes To School.

“Kegiatannya adalah melakukan edukasi, sosialisasi dan memberikan motivasi kepada siswa SLTA dan para guru, baik dalam bentuk workshop, seminar dan pelatihan-pelatihan yang akan diadakan baik di sekolah-sekolah, di gedung kantor Riau Pos Group atau Bank Mandiri maupun di tempat lain dengan tujuan agar para siswa SLTA dan para Guru mempunyai wawasan, pengetahuan dan keahlian yang baru tentang kewirausahaan,” katanya.

Untuk itu, Bank Mandiri mengapresiasi kegiatan ini dengan memberikan bantuan Rp65 juta yang akan digunakan untuk biaya operasional pelaksanaan kegiatan Entrepreneurship Goes to School. “Bank Mandiri konsisten untuk terus berusaha menciptakan wirausahawan di kalangan generasi muda,” katanya.

Lanjutnya, melalui kegiatan Entrepreneurship Goes To School yang diselenggarakan oleh Batam Pos dan Sumut Pos Entrepreneur School ini diharapkan para siswa termotivasi menjadi wirausahawan yang setelah menyelesaikan studinya dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi sembari terus melakukan kegiatan wirausaha.

“Sehingga dari hasil wirausaha yang dilakukan oleh siswa tersebut, dapat membantu biaya pendidikan tinggi yang dia jalani dan kelak setelah menyelesaikan studinya di perguruan tinggi. Siswa tersebut dapat lebih mendalami usaha yang telah dijalankan selama ini sehingga dengan demikian siswa tersebut tidak lagi sebagai pencari kerja tetapi sebagai pencipta lapangan kerja,” kata Sugeng.

Pemberian bantuan biaya operasional kegiatan Entrepreneur Goes To School ini bersumber dari dana Program Bina Lingkungan Bank Mandiri tahun 2013 dimana sampai dengan Maret 2013 dana Program Bina Lingkungan yang telah disalurkan Bank Mandiri di Wilayah 1 sebesar Rp842,3juta. (mag-13)

Berita terkait:

FEATURE

DBL Indonesia North Sumatera Series
PLN Bottom Bar