Pendaftar SBMPTN Meningkat Tajam

MEDAN – Hasil seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN)  telah dipublikasikan kemarin. Bagi yang tidak lulus SNMPTN, calon mahasiswa masih punya peluang untuk masuk perguruan tinggi negeri (PTN) favoritnya dengan cara mengikuti tahapan seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN), proses pendaftaran SBMPTN sudah dibuka sejak 13 Mei lalu dan berakhir pada 7 Juni mendatang.

Tercatat dua pekan setelah pendaftaran resmi dibuka, pendaftar SBMPTN di Universitas Negeri Medan (Unimed) jauh meningkat tajam dari pertama kali dibukanya pendaftaran.  Dari data sebelumnya (20/5) lalu, tercatat pendaftar hanya berjumlah 896 denga rincian 189 Saintek (IPA), Sosohum (IPS) 484 ,serta campuran berjumlah 223.

Kepala Humas Universitas Negeri Medan (UNIMED) Tappil Rambe ketika di konfirmasi menjelaskan, peserta yang mendaftar SBMPTN meningkat ini di sebabkan  hasil SNMPTN dan UN telah dipublikasikan. “ Jumlah ini akan terus meningkat, apalagi menjelang penutupan pendaftaran,” akunya.

Tappil memaparkan, laporan SBMPTN per tanggal 28 Mei 2013 pukul 17.25 WIB yakni Saintek 79, Soshum 144, Campuran 91 dan total 314 pendaftar. Sedangkan secara keseluruhan jumlah pendaftar mencapai 2.494.

Sementara itu, jumlah pendaftar pada pekan pertama di Universitas Sumatera Utara (USU) berjumlah 1.456 dengan rincian, Saintek 632, Soshum 480, sedangkan 344 untuk campuran.

Namun angka tersebut terus bertambah hingga dua kali lipat, tercatat kemarin, secara keseluruhan pendaftar berjumlah 4.120. Yakni 1822 untuk saintek, 1388 soshum, serta 915 untuk campuran. “ Jumlah ini akan terus meningkat, karena hasil UN dan SNMPTN telah di umumkan,” ujar Koordinator IT SBMPTN USU, Ihsan.

Sebelumnya, Pembantu Rektor Universitas Negeri Medan, Prof Dr Khairil Anshari mengatakan untuk tahun ini siswa yang lulus SNMPTN di Unimed berjumlah 2.108. Untuk itu para calon mahasiswa yang lulus dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti perkuliahan nantinya dan jangan lupa untuk mendaftar ulang ke Unimed pada 18-19 Juni mendatang. (mag-8)

Berita terkait:

FEATURE