Wisuda Santri Al-Ittihadiyah

Fokus Membentuk Lulusan Berkarakter Islami

MEDAN – Pada kebayang gak sih? ternyata Yayasan AL -Ittidaiyah masih terus eksis untuk fokus membangun karakter yang Islami terhadap setiap siswa didiknya. Sehingga para lulusannya diharapkan menjadi pemimpin yang memiliki jiwa berlandaskan atas ajaran Isalam yang sesungguhnya. Yayasan yang beralamat di Jalan Karya Jaya ini ternyata memiliki 3 sekolah yakni, Raudhatul Adfal (RA), Madrasah Diniah Takmiliah (MDTA) serta Madrasah Tsanawiyah (MTS).

Kenapa dibilang fokus? Ya, ternyata setiap siswa yang menempuh pendidikan di RA dan MDTA, selama bersekolah diwajibkan menamatkan Alquran, sedangkan untuk siswa MTS nya diharuskan mengafal Jus 30. Bahkan Sebelum masuk ke dalam kelas, para siswa diwajibkan berbaris di halaman untuk melakukan upacara. Dalam upacara para siswa membacakan surat yang ada dalam jus 30 dan itu dilakukan secara terus menerus. Sehingga para siswa akan terbiasa untuk membaca serta mengahfalnya. #waah layak dicontoh nih.

“ InsyaAllah dalam tiga tahun siswa MTS dapat menghafal jus 30,” ujar Kepala MTS, Pamonoran Siregar dalam acara wisuda satri /wati-RA-MDTA-MTS Al-Ittihadiyah, saat ditemui kemarin.

Pamonoran memaparkan ada 118 siswa yang di wisuda pada tahun ajaran 2012-2013 diantaranya 37 siswa RA, MDTA 24 siswa serta 57 siswa MTS dan kegitan wisuda ini dilakukan setiap tahun. Dalam kegitan ini, lanjutnya, seluruh peserta wisuda melakukan konvoi mengelilingi jalanan yang diiringi oleh alunan musik marching band. “ini dilakukan untuk memperkenalkan kepada masyarakat, jika Al-Ittihadiyah terus berbenah baik dalam sisi kualitas maupun infrastruktur sekolah,” lanjutnya
Dia juga menjelaskan, peserta wisuda RA juga menggunakan pakaian adat serta memperlihatkan kebolehannya dalam menari tradisional, “Kita selain mengajarkan ilmu pengetahuan dan agama, juga mengajarkan tentang kebudayaan daerah, sehingga dapat melestarikan budaya dari turunan nenek moyang,” katanya. #Ceritanya niih, kita selamat dunia dan akhirat loh sob.

Nah bagaimana dengan pandangan Ketua Panitia, Nuraimah Spd. Dirinya menyampaikan rasa syukur bahwa seluruh siswa MTS lulus ujian nasioanal (UN). Nuraimah juga berharap para siswa yang lulus dapat melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi serta dapat menerapkan ilmu yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari.

Lebih lanjut, Nuraimah menyampaikan agar orang tua siswa dapat mempercayakan anak-anaknya menempuh penididikan di Al-Ittihadiyah. Selain menghafal Alquran siswa juga dapat mengikuti kegiatan ekstrakulikuler diantaranya pelatihan pidato tiga bahasa (Arab, Inggris, Indonesia) pencak silat dan pengembangan khusus untuk para siswi.

“Saya ucapkan selamat kepada seluruh peserta yang diwisuda, semoga ilmu yang diperoleh dapat digunakan untuk kebaikan serta mengembangkan ajaran islam,” jelasnya di akhir.(mag-8)

Berita terkait: