Kapolresta Medan AKBP Nico Afinta Bakal Sapu Premanisme di Medan

MEDAN- Kapolresta Medan yang baru, AKBP Nico Afinta bertekad menyapu premanisme di Kota Medan.

“Untuk premanisme yang melakukan tindakkan kriminilitas akan kita tindakan tegas,” kata AKBP Nico Afinta usai melakukan serah terima jabatan (Setijab) di Malpoda Sumut, Senin (10/6) siang.

DILANTIK: Sepuluh Kapolres  dilantik didampingi istri usai pelantikan  Mapoldasu Medan,Senin (10/6).

DILANTIK: Sepuluh Kapolres yang dilantik didampingi istri usai pelantikan di Mapoldasu Medan,Senin (10/6).


Mantan Wakil direktur Reskrim Umum Polda Metro Jaya ini  memiliki pengalaman untuk melakukan tindakkan penegakkan hukum terhadap aksi premanisme di Jakarta.  Puluhan preman dibawah naungan Hercules, mampu ditaklukkannya saat bertugas di Polda Metro Jayan
“Saya akan mempelajari semua permasalah yang ada di Polresta Medan ini,” ujarnya.

Untuk prioritas, kata Nico, ia akan melakukan penjagaan Katibmas di Kota Medan dengan berkordinasi seluruh elemen masyarakat dan pihak terkait. “Prioritas menjaga Katibmas di Kota Medan dengan melibatkan unsur masyarakat untuk hal tersebut. Saya juga  akan memberantas peredaran narkoba di Kota Medan,” janjinya.

Untuk diketahui, AKBP Nico Afinta sebelumnya menjabat Wadir Reskrimum Polda Metro Jaya menjadi Kapolresta Medan, yang sebelumnya di Jabat oleh Kombes Pol.Monang Situmorang yang kini menjadi menjadi Analisi Kebijakkan Bidang Kurikulum Lemdikpol Mabes Polri, Rangka pendidikan Sespimti.

Setijab Kapolda Sumut di Mabes Polri
Rencananya, besok, Rabu (12/3) dilakukan sertijab Kapolda Sumut Irjen Pol Wisjnu Amat Sastro, digantikan Irjen Pol Syarief Gunawan sesuai dengan telegram (TR) kapolri Jendral Timur Pradopo dengan NomorST/1194/IV/2013, Tanggal 7 Mei 2013. “Rabu (besok,red) Kapolda Sumut dilakukan sertijab, tapi itu, di Mabes Polri,” ungkap Kasubbid pengelolaan informasi dan data (PID) Humas Poldasu, AKBP. MP. Nainggolan, kemarin siang, di ruang kerjanya.

Kapolda Sumut Irjen Pol Wisjnu Amat Sastro menjadi Wakabaharkam Mabes Polri, jabatannya dipercayakan kepada Irjen Pol Syarief Gunawan sebelumnya Widyaiswara Utama Sespim Lemdikpol Polri. Irjen Syarif Gunawan memiliki latar belakang dari Brimob dan hampir 2 tahun sbagai Kapolda Maluku pada 2010. Perjalanan karir Irjen Syarif Gunawan di korps Baret Biru terbilang panjang. Dia pernah menjadi anggota kontingen Brimob yang ditugaskan ke Kamboja pada 1993. Dua tahun berselang Syarief Gunawan dipromosikan menjadi Dan Sat Brimob Sumatera Barat (1995-1996).

Syarief Gunawan juga pernah menduduki jabatan Kepala Satuan II Pelopor Korbrimob 2003-2006. Dia juga pernah memimpin pasukan misi perdamaian PBB di wilayah Sudan Selatan, tergabung dalam anggota Force Police Unit Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Sebelumnya, Kapolda Sumut Irjend Pol Wisjnu Amat Sastro melantik sebanyak 10 Kapolres, lima pejabat utama dan empat Perwira Menengah (Pamen) di Jajaran Polda Sumut yang dimutasi sesuai berdasarkan Telegram Rahasia (TR) Nomor 1118, 119, 1120/V/2013/Mabes polri tertanggal 30 Mei 2013, di Aula Kamtibmas, Mapolda Sumut, Senin (10/6) siang sekitar pukul 13.00 WIB. Pelantikkan disertai serah terima jabatan (Sertijab) ini dilakukan secara tertutup.

Untuk diketahui, para perwira yang dimutasi tersebut yakni Kombes Pol Yehu Wangsajaya dimutasi menjadi Kabag Pengembangan Multimedia Biro Telematika Lemhannas, digantikan Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Erman yang sebelumnya sebagai Kasubbag Baglotas Interpol.

Kepala Satuan (Kasat) Brigade Mobil (Brimob) Polda Sumut Kombes Pol Setyo Bhoedi Moemphoeni Harso dimutasi menjadi Kasat III Pelopor Korbrimob Mabes Polri dan digantikan Kombes Pol Ahmad Subarkah yang sebelumnya bertugas sebagai Kasat Brimob Polda Sulawesi Tengah.

Sedangkan Irwasda Polda Sumut Kombes Pol Monang Manullang dipromosi menjadi Wakapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) dan jabatannya digantikan oleh Kabag Pengendalian Mutu Biro Perencanaan dan Administrasi Itwasum Mabes Polri Kombes Pol Kadri Prayitno.

Direktur Pamobvit Polda Sumut Kombes Pol Barmen Tampublon dimutasi menjadi Kasubdit Pamwisata Baharkam Polri dan digantikan Kombes Pol Andreas Kusmaedi kemudian Kapolresta Medan Kombes Pol Monang Situmorang akan mengikuti Sespimti Polri, sedangkan AKBP Nico Afinta sebelumnya menjabat Wadir Reskrimum Polda Metro Jaya dipercaya menjadi Kapolresta Medan.

Sementara itu, Kapolres Labuhan Batu AKBP Hirbak Wahyu Setiawan dipromosi menjadi Wakapolres Polda Metro Jakarta Barat, dan posisinya digantikan AKBP Achmad Fauzi yang sebelumnya bertugas sebagai Kapolres Mandailing Natal.

Sedangkan, Kapolres Mandailing Natal akan diserahkan ke AKBP MArdiaz Kusin Dwihananto yang sebelumnya bertugas sebagai Kapolres Nias. Kemudian, jabatan Kapolres Nias akan dijabat AKBP Juliat Permadi Wibowo yang sebelumnya menjabat Kapolres Nias Selatan.

Untuk menggantikan AKBP Juliat Permadi Wibowo sebagai Kapolres Nias Selatan, ditempatkan AKBP John Vharles Edison Nababan yang sebelumnya menjabat Kasubdit 2 Ditreskrim Umum Polda Sumut. Selanjutnya, Kapolres Asahan AKBP Yustan Alfiani dipromosikan menjadi Wadir Resnarkoba Polda Sumut, sedangkan jabatan Kapolres Asahan digantikan AKBP Budi Suherman yang sebelumnya menjabat kapolres Toba Samosir.

Posisi Kapolres Toba Samosir dijabat AKBP Edi Faryadi yang sebelumnya bertugas sebagai Kasubdit I Ditreskrimsus Polda Sumut. Kapolres Taput AKBP IKG Wijatmika dimutasi menjadi Kasipropam Korbrimob Mabes Polri, dan posisinya digantikan AKBP Verdy Kalele yang sebelumnya menjadi Pamen Polda Sumut.

Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Endro Kiswanto dimutasi menjadi Kasubrenpres SSDM Polri, dan digantikan AKBP Aswin Sipayung yang sebelumnya bertugas sebagai Kabagbinopsnal Dirpamobvit Polda Metro Jaya.

Sedangkan Kapolres Sibolga AKBP JF Panjaitan dipromosi menjadi Wadirlantas Polda Sumut dan digantikan AKBP Guntur Agung Supono yang sebelumnya bertugas sebagai Kasubdit 3 Ditintelkan Polda Sumut.

Sedangkan, Wakapolresta Medan AKBP Pranyoto juga dimutasi tuh, karena dia akan naik pangkat menjadi kombes dan jabatannya digantikan AKBP Kennedi.

Dengan jabatan baru,  Wisjnu berharap dapat memberikan amanah, tugas dan tanggung jawab, yang mampu menegak semangat kebersamaan dan soliditas satuan, untuk menghadapi tantangan kedepan yang dipredik akan semakin kompleks dan dinamis. (gus)

Berita terkait:

  • yoo ra

    keren keren lanjutkaaan!

FEATURE

DBL Indonesia North Sumatera Series
PLN Bottom Bar