FAI UMSU Dapat Bantuan Dirjen Pendidikan Islam

MEDAN-Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FAI UMSU), menerima bantuan dari Direktur Jenderal Pendidikan Islam Depag sebesar Rp100 juta. Bantuan yang diterima beberapa waktu lalu, untuk membeli peralatan laboratorium mikroteaching dan pelatihan penggunaan alat-alat laboratorium.

Demikian ditegaskan Dekan FAI UMSU, Akrim SPdI MPd kepada Sumut Pos di kampus terpadu UMSU, Jalan Kapten Muktar Basri Medan, Sabtu (7/11).

Menurut Akrim, bantuan ini sangat dibutuhkan FAI UMSU. Pasalnya, saat ini FAI UMSU mengelola dua program studi LPTK Agama, Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Pendidikan Guru Raudlatul Athfal (PGRA). Program ini membutuhkan alat laboratorium untuk menambah fasilitas yang sudah dimiliki.

Ia mengatakan, dalam waktu dekat akan dilakukan pemasangan oleh konsorsium yang bekerja sama dengan FAI UMSU. Ia berharap pada semester genap mendatang, mahasiswa semester VI sudah dapat menggunakan laboratorium mikroteaching. ‘’Ini untuk menciptakan lulusan yang unggul dalam penyelenggaraan pembelajaran Agama Islam,” kata Akrim didampingi PD I Shobrun SAg dan PD III, Gunawan SPdI.

Laboratorium microteaching, menurut dia, kebutuhan dasar program studi LPTK Agama untuk menciptakan lulusan yang terampil dalam mengajar. Sebab mengajar sebagai perbuatan yang kompleks, secara serempak mengandung unsur teknologi, ilmu, seni dan pilihan nilai.
‘’Khusus dari segi teknologi, mengajar dipandang sebagai prosedur kerja dengan mekanisme dan penggunaan perangkat alat yang dapat dilatih dan diuji secara empiris,’’ tegas dosen termuda di UMSU tersebut.

‘’Ini diharapkan dalam rangka mencapai cita-cita UMSU yang telah dicanangkan oleh Rektor UMSU, Bapak H Bahdin Nur Tanjung SE MM yaitu menciptakan lulusan yang unggul, cerdas dan terpercaya,’’ bilang Dekan FAI UMSU, Akrim SPdI MPd. (ton)

This entry was posted in Pendidikan and tagged , . Bookmark the permalink.