Hyundai New Santa Fe Manjakan Penumpang

Mobil yang baru masuk awal tahun 2008 ini tak bisa dipungkiri memiliki banyak kelebihan  dari mobil lain sekelas SUV. Jika tempat duduk sekelas SUV umumnya memuat 5 kursi penumpang, tapi New Santa Fe memberikan 7 kursi.

“Ini juga berbeda dengan Santa Fe model terdahulu,” ujar Ibnu Suhendra, Sales Supervisor, PT Prima Indonusa Niagantara, Hyundai Medan, rabu (11/11) kemarin.

Produk yang baru diperkenalkan setahun lalu ini memiliki postur lebih besar, lebih elegan dan lebih berkualitas dibanding pendahulunya. Santa Fe baru ini mempertajam daya saing di segmennya dengan memberikan tiga baris kursi, plus aneka fitur comfort dan convenience. Santa Fe lebih panjang dari pendahulunya. Ini memungkinkan penambahan panjang keseluruhan bodynya 15cm, dengan lebar 5.5cm, dan tinggi 5cm. Dengan ukuran ini menghasilkan kabin lebih lega dan lebih lapang. ”Inilah yang memanjakan penumpang,” tambahnya.

Untuk mesinnya menawarkan dua tipe yaitu, mesin bensin dan diesel. Mesin diesel D-2.2 mengalirkan 153hp pada 4000rpm dan 35kg.m torsi pada 2.000rpm dengan bantuan Variable Geometry Turbocharger. Mesin diesel baru ini dipasangkan dengan all-new 5-speed transmission, baik matik maupun manual yang sama-sama efisien dalam penggunaan bahan bakar dan halus perpindahan giginya. 

Bahan bakar disemprotkan lewat injektor dari common rail generasi kedua bertekanan 1600bar yang dikendalikan microprocessor 32 bit (sebelumnya ECU 16 bit). Variable swirl control dan katup pengatur udara yang dikendalikan secara elektronik membantu menyempurnakan proses pembakaran dan menurunkan emisi berbahaya.

Kepala silindernya menggunakan two-layer water jacket yang memungkinkan kepala silinder menerima tekanan pembakaran lebih besar. Exhaust Gas Recirculation yaitu berfungsi mengembalikan fuel yang terlempar ke saluran exhaust balik ke ruang bakar, berpendingin air dan dikontrol secara elektronis membantu meminimalkan emisi agar sesuai standar Euro IV.

Mesin bensin Santa Fe punya pilihan lebih fleksibel. Hyundai memasang dua mesin bensin yaitu 2.7 liter. Dengan berarsitektur V6 dengan konstruksi seluruhnya dari aluminium. Mesin 2.7 liter mengadopsi Variable Valve Timing dan Variable Intake System untuk memproduksi power maksimum 189hp pada 6000 rpm dan torsi 25.3kg.m@ 4200rpm. 

Suspensi belakang double wishbone pada generasi lama, diganti multi link guna meminimalisir noise dan vibration. Jika mobil mendongak karena terisi penuh, self-leveling system otomatis membuatnya datar kembali tanpa power dari luar. Masih banyak lagi keunggulan lainnya. New Santa Fe 2.7 V6 dengan 5 seat 4×2 A/T harganya Rp389, New Santa Fe 2.7 V6 7 seat 4×2 A/T harganya Rp405.900.000, New Santa Fe 2.7 V6 7 seat XG 4×2 A/T harganya Rp479.900.000. (ika)

hyundai-santa-fe

[ketgambar] Hyundai New Santa Fe[/ketgambar]

This entry was posted in Ekonomi and tagged . Bookmark the permalink.