Bisnis Jangkrik Menjanjikan

USAHA budidaya jangkrik biasanya dilakukan di kawasan pinggiran kota. Tapi, Agus Saputra (22), melakukannya di kota, tepatnya di kawasan Jalan Karya Wisata Medan yang merupakan kediamannya. Alasannya, dengan membuka usaha di kota, ia lebih gampang memasarkannya. “Pasar yang akan saya ambil adalah warga perkotaan, baik di sekitar kediaman maupun di wilayah Kota Medan,” ujar Agus yang ditemui wartawan koran ini di kediamannya.

Dikatakan Agus, ia meyakini kalau tempat usahanya berada di Kota akan memberikan keuntungan. Sebab, ia mencari peluang pasar kepada para penghobi memancing yang menggunakan jangkrik sebagai umpan dan juga untuk aduan. Kemudian sebagai pakan ternak burung berkicau dan ikan hias. “Pemasaran jangkrik cenderung meningkat setiap tahun seiring makin banyaknya peminat burung berkicau dan ikan hias yang menggunakan jangkrik sebagai panganannya,” ujar Agus.

Dalam pemasarannya, banyak konsumen datang dari Deli Serdang, Binjai hingga Padang Sidempuan. Agus menjual harga jangkriknya 1 kg seharga Rp30 ribu hingga Rp40 ribu. Sementara  di tingkat eceran, jangkrik dijual Rp1.000 per 15 ekor. “Tiap pekan, jangkrik yang saya jual mencapai 10 ribu hingga 12 ribu ekor jangkrik,” kata dia.

Soal keuntungan, ia mengaku mendapat untung yang lumayan besar. Meski tidak mau membuka mulut soal keuntungannya, tapi Agus bilang mendapat untung ratusan ribu dalam sepekan. “Selain budidayanya mudah, juga tidak membutuhkan modal besar,” bilangnya.
Usaha ini tidak membutuhkan lokasi yang luas dan modalnya kecil. Hanya menggunakan tripleks, papan bekas, dan bambu bahkan kardus untuk kandang jangkrik. (mag-10)

This entry was posted in Metropolis and tagged , . Bookmark the permalink.

42 Responses to Bisnis Jangkrik Menjanjikan

  1. Amsi says:

    Thx critanya, tlng dong jlasin cara ternaknya.

  2. Lambang Rosantoro says:

    Memilih lokasi ternak jangkrik dikota adalah langkah yg tepat ,saya sendiri peternak jangkrik dari Blitar merasakan susahnya jadi pternak yg jauh dari pasar ,so selamat buat kawan yg bternak di Medan dan buat kawan dari luar Jawa yg pengin ternak jangkrik saya menawarkan telur jangkrik dg kwalitas dijamin.hub Lambang di 085735432384

    • hendrik says:

      salam kenal sebelumnya mas, nama saya hendrik, saya mau berternak jangkrik mas, bisa kah mas bantu saya mengajarkan saya car-cara lengkap berternak jangkrik mas, soalnya saya juga mau berternak jangkrik dan mau sukses juga kayak mas, jadinya mohn bantuannya yah mas… tolong dibalas, nama email saya “Borsalinohamid@yahoo.com” tolong yah mas, balasan dari mas saya tunggu.. assalamualaikum…

  3. Lambang Rosantoro says:

    Selamat buat Agus yg berhasil ternak jangkrik di kota .Saya peternak jangkrik tahu betul susahnya jadi peternak yg jauh dari pasar(cuma jadi permainan pedagang besar)dan buat kawan yg pengin beternak jangkrik .saya bisa sediakan telur jangkrik dg kualitas dijamin hub saya di 085735432384 or e-mail di lambangrosa@gmail.com

  4. dani syahputra says:

    dimana alamat lengkap agus saputra atau no hp/telp yang bisa menghubunginya.trims

  5. mujianto says:

    untuk pak Lambang,berapa harga telur jangkrik nya?saya di surabaya.trims

  6. Arpan Van says:

    dimana bisa cari pasaran atau yang mau ambil jangkrik untuk tepung ? katanya ada.

  7. Facebook User says:

    Langkah awal apa yang diperlukan untuk usaha jangkrik?

  8. ida says:

    Mas, sy dr palembang, mau berternak jangkrik, tp yg jd kendala,di mana sy bisa menjual hasil ternak, baik basah ataupun kering, kira2 brp harga psran/kg. dan brp biasanya ongkos pgriman biasanya.Tlg blsanya ke Lasmaidanaomis4@Gmail.com. Trims ….

  9. saya sudah menjalani ternak jangkrik sudah hampir 2 thn,tapi ketika jangkrik hasil ternakan saya umur 25 hari kok banyak jangkrikmya yang stres.apa kami salah memberi pakan/suhu di box /kotaknya kurang panas? dan apa resep dari makanannya ketika janggrik umur 25 hari.di desa kami jangrik siap panen umur 25 s/d 32 hari.mohon bantuan untuk memberi penjelasan agar kami bisa sukses untuk mandidri.

  10. amsi saya bisa membantu cara berternak jangkrik sampai bisa pembibitan dan cara menelurkan jangkrik.hubungi saya di face book.sableng_canz@ymail.com

  11. saya minat berternak jangkrik, saya ingin menghubungi bapak melalui hp/tlp.saya mau beli telur jangkrik

  12. jhonsismardi says:

    saya,peternak jangkrik tanjung pinang kepri. Mohon penjelasan setelah di ayak telur ditetas kan apa perlu media tambahan ..!

  13. Lambang Rosantoro says:

    Untuk P Jhon perlu tidaknya media tambahan tergantung dr umur tlr ketika disaring,jk tlr muda umur 6-7hr pakai kain katun basah,kalo tlr tua tidak perlu tambahan media untuk penetasan cukup ditebar tipis diatas koran dan kalo bapak punya tlr jkr putih sy mau beli,sy pengin coba budidayakan di Jawa

    • dodi says:

      pak lambang…bgm caranya memisahkan telur jangkrik dengan media pasir tempat jangkrik betelur….thanks

    • dodi says:

      pak lambang…bgm caranya memisahkan telur jangkrik dengan media pasir tempat jangkrik betelur….thanks

  14. jhonsismardi says:

    saya jhonsis telur jangkrik skarang sudah netas total kandang penetasan saya ada 75 kotak semua netas dari trik yg bpk berikan .terima kasih ya. 1 lagi pertanyaan saya jangkrik umur 1 minggu diberi sayur kol bagaimana,tau sayuran apa yg baik. Bulan lalu sebelum saring pakai media tanah panen saya 1 kwintal .. Dari 18 ktk

  15. Lambang Rosantoro says:

    Untuk P Jhonis jkr umr 1 minggu tidak masalah diberi kol,sayur apa saja bs dicoba,tengok disekitar rumah ada tanaman apa kalo tidak dimakan besoknya ganti dg sayur lain,sy rekomedasikan pohon pisang mulai dr daun sampai batang jangkrik suka,buah pepaya mentah,batang pepaya, daun singkong,daun jarak.Jadi sy sarankan jangan takut mencoba dan semoga berhasil

  16. riyanto says:

    Pak kalau di tangerang mau beli telur dimana ya ?

  17. Sahudi says:

    Ak peternak dr jepara.gimana cara ak bisa ngrm jangkrik ke medan.tlng di ak di kasih tau nomer hpnya pengepul jangkrik yg ada di medan kususnya dan sumatra umumnya.bisa hub ak di no 081325627586 trims sebelumnya

  18. Akrin Nurhuda says:

    Assalamu’alaikum.
    Saya Akrin dari Ponorogo.
    Saya mau beternak jangkrik,mungkin di antara kalian ada yg bisa bantu aq bagaimana cara pembuatan kandang jangkrik yg ideal ??
    Ukurannya berapa saja and biasane di buat bertingkat2 atau tidak kandange??
    Trim’s atas infonya.

  19. wahyufitriasih says:

    saya peternak jangkrik dari semarang,jika ada yang membutuhkan jangkrik atau telurnya,bisa menghubungi di no.081390428889 ,flexi 024 70266306

  20. joko prihartono putro says:

    di tangerang ada ga ya tempat jual jangkrik .thanks

  21. anas says:

    saya mau nanya bagai mana saya harus memasarkan jangkrik sya ke pasaran luar kota.saya dari kudus yang kesulitan dalam pemasaran.

  22. Antho says:

    di cari pengepul jangkrik yang siap menamping peoduksi… Kalau pengen order tolong hubungi no 085646750447

  23. asyad says:

    sedia jangkrik di bdg tinggal sms sy lngsng kirim 02292489475 bp asyad

    • edi kurnadi says:

      pa kalo telur jangkrik ada tidak, kalau ada berpa harganya, terus dijualanya itu perkilo/ per sendok terima kasih

  24. wahyu aji prasetyo says:

    saya peternak jangkrik dr jember,,ada ga’ pengepul jangkrik d’daerah palembang atau bali yang siap menampung jangkrik saya????kalo’ ada hub no 085330227654

  25. bayu says:

    tolong spefikasi kandang berternak jangkrik yang ideal dan kapasitas penebaran telor.

  26. Yudhi says:

    saya peternak jangkrik di cirebon, jika anda butuh jangkrik silakan hubungi saya di 081564657565.
    bagi yg mau berbagi info tmpat penjualan jangkrik di cirebon beri tau saya.
    terima kasih.

  27. dodi says:

    pak lambang…bgmn caranya memisahkan telur jangkrik dari media pasir tempat jangkrik betelur….thanks

  28. purwoko says:

    selamat siang semua,
    posisi aku di batam, kendala sama, umur 25 hari pada mati,
    tapi karena banyak maka sekarang aku jadi kewalahan nak setor kemana ni jangkrik.
    thanks

  29. wahyu kartiko says:

    salam kenal saya wahyu diriau…..dimedan ada jual telor jangkrik g?berapa 1kg nya?…..tolong balas ke wahyu_kartiko@yahoo.co.id ato huub 0852 72 7878 15…..

  30. ade gunawan says:

    da pemasaran jangkrik dipekan baru…

  31. salam kenal….
    bagaimana langkah-langkah yg harus kita lakukan pertama kali untuk memulai budi daya jangkrik?
    terimakasih…

  32. salam suksess selalu

  33. rohman says:

    kesulitan di budidaya jangkrik apa ya?trus cara mengatasinya gimn?mohon pencerahanya?trim cah porwodadi semarang

  34. iwan saputra says:

    bagai man cara ber bisnis jabgkrik yang baik…???? tolong bantu saya untuk menjalani bisnis ini

  35. pilipus k says:

    dimana alamat lokasi ternaknya pak, saya mau sering tentang jangkrik

  36. taufik says:

    ass…sy taufik,sy peternak yg baru panen,sy mo jual jangkrik,mkin ad yg minat??bisa hub,(021)92921567,JKT