572 Guru Depag Ikuti PLPG

MEDAN- Sebanyak 572 orang guru di lingkungan Departemen Agama (Depag) yang sebelumnya tak lolos seleksi portofolio pada sertifikasi guru 2009 akan mengikuti Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) di Universitas Negeri Medan (Unimed), 14 hingga 24 Desember mendatang.
Demikian diungkapkan Ketua Divisi Diklat PLPG Unimed, Dr Berlin Sibarani MPd, kepada wartawan koran ini, kemarin (11/12). Berlin menuturkan  pelaksanaan PLPG untuk guru-guru Depag tersebut akan digelar selama pelatihan 90 jam. “Guru dari Depag yang mengikuti PLPG ini merupakan guru dari satuan pendidikan Madrasah Tsanawiyah (MTs) sebanyak 380 orang dan dari Madrasah Aliyah (MA) sebanyak 192 orang,” ujarnya.

Lebih lanjut Berlin mengatakan, pelaksanaan PLPG untuk guru-guru dari Depag kali ini hanya diperuntukkan bagi guru yang mengajar bidang studi umum. “Sementara untuk guru bidang studi agama, Depag sendiri yang melaksanakannya,” terangnya. Lanjut Berlin, PLPG untuk pengawas sekolah dari Depag akan digelar pada 2010 mendatang, karena jumlah kuota yang begitu minim yang diterima untuk guru Depag.

Untuk pelaksanaan PLPG tersebut, Berlin mengatakan semua guru bidang studi  umum ini dilaksanakan di satu  tempat yakni  Unimed. “Khusus untuk guru bidang studi agama, baik Islam, Kristen, Budha, dan Hindu pelatihannya langsung ditangani Depag Sumut. Ini karena kita tidak memiliki pelatih khusus bidang studi agama,” jelasnya.

Adapun peserta PLPG yang merupakan guru-guru dari Depag itu masing-masing berasal dari Kabupaten Asahan  24 orang, Deli Serdang 35 orang, Labuhan Batu 20 orang, Langkat 98 orang, Simalungun 80 orang, Serdang Bedagai 60 orang, Binjai 43 orang, Pematang Siantar 9 orang, Tanjung Balai 27 orang dan Tebing Tinggi 21 orang.

Sementara persyaratan peserta pelatihan adalah fotokopi ijazah S-1 atau D-4 yang telah dilegalisir sebanyak 1 lembar, fotokopi SK pertama dan terakhir yang telah dilegalisir, surat tugas dari dinas pendidikan, pasfoto ukuran 3 x 4 berwarna sebanyak 2 lembar dan fotokopi KTP sebanyak 2 lembar.

Berlin mengimbau, bagi guru-guru yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai pelaksanaan PLPG untuk guru dari Depag ini dapat langsung mengakses di website resmi Unimed, yakni, www.unimed.ac.id atau dapat datang langsung ke Sekretariat PLPG di Unimed. “Jika tidak ada halangan, Senin (28/12) pengumuman bagi yang lulus PLPG sudah dapat diumumkan,” ungkapnya. (saz)

This entry was posted in Pendidikan and tagged . Bookmark the permalink.

Comments are closed.