Hari ini, Penerimaan Secaba Polri Dibuka

MEDAN-Poldasu membuka penerimaan pendaftaran Sekolah Calon Bintara (Secaba) Polri angkatan 2010. Penerimaan ini berdasarkan surat nomor: Peng/01/2010. Tempat pendaftaran di Aula Kamtibamas Poldasu di Jalan SM Raja mulai, Senin (18/1) hingga Kamis (22/1), pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB.

Kabid Humas Poldasu Kombes Pol Drs Baharuddin Djafar Msi, kepada wartawan koran ini, Minggu (17/1) malam sekira pukul 19.00 WIB mengatakan, dalam penerimaan kali ini Secaba Polri yang bakal diterima sebanyak 33 orang.

Sementara Kapoldasu Drs Badrodin Haiti, dalam surat edarannya yang diterima wartawan koran ini Minggu (17/1), mengatakan, adapun persyaratan umum pendaftaran, warga Indonesia, setia kepada NKRI berdasarkan UUD 45, sehat jasmani dan rohani dengan membawa surat keterangan dari institusi kesehatan. Tidak pernah dipadana, berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan baik dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI serta bersedia ditugaskan kepada semua bidang kepolisian.

Dalam surat edaran itu juga disebutkan, adapun persyaratan pendidikan, berijazah serendah-rendahnya SMU sederajat, namun tidak termasuk SMK busana, boga, kencatikan, perhotelan, guru TK, SMK yang dikelola departemen. SMU/Madrasah Aliyah menggunakan surat tanda kelulusan dengan kreteria kelulusan. SLTA lainnya sedang sederajat/Paket C/SMK termasuk lulusan luar negeri dengan menggunakan transkip nilai dengan rata-rata baik atau keteria lulus yang telah diakreditasi instansi Diknas Provinsi.

Lulusan D-III/D-IV/S1 sesuai kompetensi tugas pokok Polri dan perguruan tinggi yang terakreditasi. D-III Keperawatan hanya untuk calon Brigadir polisi kesehatan lapangan pada Satbrimobda. SMK Pelayaran/Perkapalan sebagai calon Brigadir Polisi Polair. Sarjana Hukum atau SMU/sederjat yang punya kemampuan bahasa asing/komputer sebagai calon Brigadir Polisi Reskrim.

Sedangkan untuk persyaratan umur, saat pendidikan pembentukan Brigadir tanggal 9 Maret minimal 17 tahun 5 bulan dan maksimal bagi lulusan SMU sederajat 21 tahun, D-III 24 tahun, D-IV/S-1 25 tahun. Tinggi badan minimal, pria 163 cm, wanita 160 cm. Berat badan seimbang dengan tinggi badan menurut ketentuan yang berlaku. Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama pendidikan ditambah 2 tahun kelulusan setelah dilantik menjadi Polri berpangkat Brigadir Dua.

“Calon Secaba juga harus bersedia menjalani ikatan dinas pertama 10 tahun, terhitung sejak pangkat menjadi Brigadir Polisi. Memperoleh persetujuan orang tua/wali yang belum berusia 21 tahun. Tidak terikat perjanjian ikatan dinas dengan instansi lain. Telah berdomisili di wilayah hukum Polda tempat pendaftaran minimal 1 tahun yang dibuktikan dengan KTP setempat kartu keluarga dan rapor,” beber Badrodin dalam surat edarannya itu.

Mengikuti lulusan pemeriksaan/pengujian dengan sitem gugur. Hal-hal yang berkaitan dengan persyaratan akan diatur dalam pengumuman sendiri.

Sebagai catatan calon harus datang sendiri dengan membawa surat pemohonan yang ditulis tangan, ijazah/STTB, NEM dan transkip nilai asli SD, SMP, SMU, D-III, S1. Bagi lulusan S-1 melampirkan sertifikat akreditasi kampus, KTP calon, KTP orang tua/wali, akte kelahiran, kartu keluarga dan pas photo hitam putih 4 kali enam sebanyak 4 lembar, dimasukan dalamn map berwarna kuning untuk pria dan merah untuk wanita. Mengisi blanko yang disedikan panitia. Calon yang mendaftar harus memakai celana panjang hitam dan kemeja putih untuk pria, sedangkan wanita memakai rok hitam dan kemeja putih. Tidak dipungut biaya pendaftaran kepada calon peserta. (wan)

This entry was posted in Metropolis and tagged , . Bookmark the permalink.

108 Responses to Hari ini, Penerimaan Secaba Polri Dibuka

  1. antaratarigan says:

    pak, kapan penerimaan calon secaba polri untuk gelombang ke II, mohon infonya